SOLOPOS.COM - Ilustrasi melihat hilal (Kemenag.go.id)

Pengamatan hilal akan diikuti hampir semua organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam yang ada di DIY

Harianjogja.com, JOGJA—Kementerian Agama Kantor Wilayah (Kemenag Kanwil) DIY bersiap menggelar pengamatan hilal untuk menentukan 1 Syawal 1438 Hijriah pada Sabtu (24/6/2017) sekitar pukul 16.00 WIB sampai pukul 17.40 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Kemenag Kanwil DIY, Luthfi Hamid, menuturkan akan ada dua titik yang dijadikan lokasi pengamatan. “Di bukit Syech Belabelu Parangtritis [Bantul] dan di bukit Brambang, Patuk [Gunungkidul],” ungkapnya kepada Harian Jogja, Sabtu.

Pengamatan hilal akan diikuti hampir semua organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam yang ada di DIY. Untuk tim pengamatan, mereka masing-masing akan dibekali satu teropong yang terhubung ke laptop dan layar LCD.

Perkiraan dengan situasi sampai Sabtu siang ini, Luthfi menuturkan diperkirakan 1 Syawal 1438 Hijriaj jatuh pada Minggu (25/6/2017). Artinya, Idulfitri berlangsung pada Minggu dan Lebaran kedua pada Senin (26/6/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya