SOLOPOS.COM - Para perantau asal Wonogiri tiba di Terminal Tipe A Giri Adipura, Wonogiri, Senin (19/6/2017) malam. Mereka mengikuti program mudik gratis. (Ahmad Wakid/JIBI/Solopos)

Lebaran 2017, perantau asal Wonogiri mengikuti program mudik gratis.

Solopos.com, WONOGIRI — Para pemudik asal Wonogiri tiba di Terminal Tipe A Giri Adipura, Wonogiri, Senin (19/6/2017) malam hingga Selasa (20/6/2017) dini hari. Mereka merupakan peserta mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT Jasa Raharja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koordinator Terminal Tipe A Wonogiri, Agus Harto Purwanto, mengatakan ribuan pemudik yang tiba di terminal menggunakan 12 bus dari Kemenhub dan 66 bus dari Jasa Raharja.

“Malam ini pada H-5, sudah banyak pemudik yang tiba. Sebagian besar dari program mudik gratis Kemenhub dan Jasa Raharja. Kemenhub tanggal 19-23 Juni dengan total 79 armada, tetapi hari ini 12 armada. Sedangkan Jasa Raharja serentak hari ini,” ujarnya kepada  di Terminal Wonogiri, Senin malam.

Dia memprediksi keramaian di terminal Kota Sukses itu akan tetap berlangsung hingga Selasa pagi. Mengingat, masih banyak pemudik yang belum tiba, termasuk pemudik reguler di luar mudik gratis. Menurutnya, mudik gratis yang melibatkan para perantau Wonogiri mencapai 417 bus yang diselenggarakan oleh berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta.

“Untuk mudik gratis semua diturunkan di terminal Giri Adipura, kecuali mudik gratis Pemkab. Selanjutnya, mereka kembali ke daerahnya masing-masing kami sudah menyiapkan AKDP dan angkudes. Tetapi banyak yang langsung dijemput keluarga,” lanjutnya.

Sementara, Kepala perwakilan PT. Jasa Raharja Sukoharjo, Wonogiri, dan Karanganyar, M. Erwin Setya Negara, mengatakan Jasa Raharja memberangkatkan sebanyak 250 bus untuk mudik gratis tahun ini.

Wonogiri menjadi salah satu daerah tujuan terbanyak mencapai hampir 30 persen, yakni 66 bus. Setiap bus rata-rata diisi oleh 60 penumpang. “Tadi [Senin] mulai berangkat dari TMII pukul 08.00 WIB. Sedangkan tiba di Terminal Wonogiri, mulai pukul 20.30 WIB,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya