Tutup Iklan

LEBARAN 2017 : Poliklinik RS di Klaten Libur Sabtu hingga Rabu, Pelayanan Dialihkan ke IGD

LEBARAN 2017 : Poliklinik RS di Klaten Libur Sabtu hingga Rabu, Pelayanan Dialihkan ke IGD

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Lebaran 2017, layanan poliklinik di sejumlah rumah sakit wilayah Klaten libur mulai Sabtu hingga Rabu.

Solopos.com, KLATEN — Sejumlah poliklinik di rumah sakit wilayah Klaten libur. Di RSUD Bagas Waras dan RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro, poliklinik libur mulai Sabtu (24/6/2017) hingga Rabu (28/6/2017).

Selama libur, pelayanan kesehatan dialihkan ke instalasi gawat darurat (IGD). Kepala Bidang Pengembangan Hukum dan Informasi RSUD Bagas Waras, Agus Setyawan Prasetyoko, mengatakan liburnya poliklinik sesuai arahan Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten.

Layanan yang libur adalah layanan kesehatan, bukan kegawatdaruratan. “Yang rawat inap tetap kami layani seperti biasanya. Yang libur hanya poliklinik. Kalau IGD kami tetap buka 24 jam,” kata dia, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Jumat (23/6/2017).

Sejumlah poliklinik yang libur itu antara lain Poli Anak, Poli Penyakit Dalam, Poli Jantung dan Pembuluh Darah, Poli Bedah, dan Poli Syaraf. Selain itu, Poli THT, Poli Mata, Poli Bedah Mulut, dan Poli Kebidanan dan Kandungan juga libur.

“Pelayanan dialihkan ke IGD dan di sana kami full team. Poliklinik kembali melayani pasien mulai 29 Juni,” beber Agus.

Dokter dan perawat di RSUD Bagas Waras, juga menjalani piket di IGD. Untuk cuti, biasanya ditukar di lain waktu selain Lebaran. “Pelayanan kesehatan tetap dilayani tapi di IGD,” beber Agus.

Hal senada juga disampaikan Kepala Instalasi Pemasaran dan Humas RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro, Yulia Ariningtyas. Ia menerangkan kendati poliklinik tutup selama libur Lebaran, seluruh pejabat struktural, hingga kepala instalasi dan dokter mendapat tugas piket.

Kegiatan piket dan memindah cuti biasa dilakukan RS saban tahun. “Seluruh pejabat di sini piket dan siaga mengantisipasi kalau terjadi KLB [kejadian luar biasa] atau kegawatdaruratan seperti kecelakaan lalu lintas misalnya,” ujar dia, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Jumat.

Yulia menjelaskan selama libur, seluruh pelayanan kesehatan dialihkan ke IGD yang beroperasi 24 jam. Baik pasien gawat darurat maupun tidak semuanya dialihkan ke IGD. “Kalau ada yang membutuhkan inap ya kami layani rawat inap,” tutur Yulia.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Kasus Covid-19 Melonjak, Bupati Klaten Ajak Ibu-Ibu PKK Edukas Prokes ke Warga

Kasus Covid-19 di Kabupaten Klaten mengalami peningkatan. Bupati Klaten Sri Mulyani meminta ibu-ibu Tim Penggerak Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga atau TP PKK untuk bergerak menyikapi hal ini.

Jam Malam, Jalur Utama Kawasan Kota Boyolali Ditutup Hingga Dini Hari

Boyolali memberlakukan jam malam dengan menutup jalan utama di kawasan perkotaan dengan tujuan mencegah terjadinya kerumunan warga.

Belum Ada Kasus PHK Akibat Pandemi Covid-19 di Kudus

Apindo Kabupaten Kudus memastikan hingga kini belum ada perusahaan yang melakukan PHK meskipun terdampak pandemi Covid-19.

Bahasa Indonesia Era Industri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 16 Juni 2021. Esai ini karya Duwi Saputro, guru Bahasa Indonesia di MTsN 1 Solo.

Wagub Jateng Gus Yasin Terpapar Covid-19, Ajak Warga Patuhi Prokes

Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen akrab disapa Gus Yasin, mengumumkan dirinya terpapar Covid-19 melalui akun Instagram pribadinya.

Varian Baru Covid-19 Diduga Sudah Masuk Banyumas

Varian baru Covid-19 diduga sudah masuk ke daerak Kabupaten Banyumas meski hasil sejumlah sampel genome sequencing yang telah diterima dinyatakan negatif.

Menko Airlangga: Pembangunan SDM Sebagai Kunci Pemulihan Ekonomi

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pembangunan SDM sebagai kunci pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19

Kampung Crazy Rich Pati Ternyata Ada di Desa Bendar

Desa Bendar yang berada di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati ini dihuni oleh kaum nelayan yang rata-rata bangunan rumahnya sangat mewah untuk ukuran nelayan.

Pamit Ke Sawah Enggak Pulang-Pulang, Kakek-Kakek Giriwoyo Wonogiri Ini Ternyata Sudah Meninggal

Seorang kakek-kakek asal Giriwoyo, Wonogiri, yang pamit mencari rumput ditemukan meninggal dunia di areal persawahan desa setempat.

Sego Krayahan, Menu BTS Meal Khas Tradisi Sedekah Bumi di Blora

Sego Krayahan yang terdiri nasi dan tiga lauk utama yang dikenal dengan sebutan BTS (bothok, telur, sambel tahu)

Polres Pemalang Panggil Pihak Keluarga ABG Pengadang Truk

Insiden pengadangan kendaraan oleh sekelompok anak baru gede (ABG) di Kabupaten Pemalang akhirnya ditindaklanjuti oleh pihak Satlantas Polres Pemalang.

Fix! Seluruh Wisata di Klaten Tutup, Belum Pasti Kapan Buka Lagi

Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Klaten memastikan seluruh objek wisata tutup mulai Rabu (23/6/2021) karena zona merah.