SOLOPOS.COM - General Manager PT Pertamina MOR IV Jawa Bagian Tengah (JBT) Ibnu Chouldum (dua dari kanan), Manager Domestik Gas MOR IV Pierre Janitza Wauran (kiri) dan Retail Fuel Marketing Manager MOR IV Iin Febrian (dua dari kiri), saat menggelar jumpa pers terkait persiapan Pertamina JBT menghadapi Ramadan dan Lebaran 2017 di Semarang, Senin (15/5/2017). (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Lebaran 2017, menghadapi lonjakan konsumsi BBM Pertamina MOR IV Jawa Bagian Tengah (JBT) menyiapkan SPBU darurat.

Semarangpos.com, SEMARANG – PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Bagian Tengah (JBT) akan menyiapkan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) darurat di sejumlah lokasi di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat libur Lebaran 2017. Hal itu dilakukan Pertamina guna mengantisipasi terjadinya kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) akibat naiknya permintaan saat arus mudik dan balik lebaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

General Manager PT Pertamina MOR IV JBT Ibnu Chouldum menyebutkan SPBU darurat yang disiapkan Pertamina itu terdiri dari SPBU kantong, kios-kios pengisian bahan bakar umum, serta serambi. SPBU kantong berupa truk-truk BBM itu saat lebaran nanti tak hanya ditempatkan di lokasi sekitar SPBU, tapi juga akan disiagakan di sejumlah titik yang rawan kemacetan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Ada 25 SPBU Kantong yang kami siapkan dan ditempatkan di titik-titik rawan yang ada di Jateng dan DIY. Selain SPBU kantong, kami juga akan mendirikan kios-kios pengisian bahan bakar minyak, serta serambi [posko arus mudik milik Pertamina],” tutur Ibnu saat menggelar jumpa pers terkait persiapan Pertamina MOR IV JBT menghadapi ramadan dan lebaran di Cafe Banaran, Semarang, Senin (15/5/2017).

Ibnu menyebutkan fokus pengamanan lebaran Pertamina pada tahun ini merata di seluruh daerah. Meski demikian, skala prioritas tetap akan dipusatkan di wilayah Pantura, terutama daerah Pemalang, Brebes, dan Tegal, yang kerap mengalami kemacetan dan kelangkaan BBM saat lebaran.

“Kami enggak mau hal-hal buruk yang terjadi saat lebaran tahun lalu kembali terjadi tahun ini. Pengalaman kami, tahun lalu terjadi kemacetan hingga para pengendara kesulitan mendapatkan BBM di Brexit [pintu keluar tol Brebes], makanya kami akan lakukan antisipasi dengan menyiapkan SPBU kantong di sekitar lokasi tersebut,” tutur Ibnu.

Ibnu menambahkan jelang bulan puasa atau ramadan dan lebaran konsumsi BBM memang mengalami kenaikan. Meski demikian, pihaknya meminta masyarakat untuk tidak panik karena Pertamina telah meningkatkan pasokannya, baik jenis Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex, hingga Dexlite.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya