SOLOPOS.COM - Ilustrasi perumahan (Rachman/JIBI/Bisnis)

Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jogja mengimbau masyarakat yang akan mudik Lebaran supaya mencabut seluruh peralatan elektronik

 
Harianjogja.com, BANTUL–Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jogja mengimbau masyarakat yang akan mudik Lebaran supaya mencabut seluruh peralatan elektronik yang tersambung ke instalasi listrik untuk mencegah kebakaran.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Sekretaris Dinas Kebakaran Kota Jogja Agus Winarto menyampaikan imbauan tersebut sudah disebarkan kepada masyarakat melalui surat edaran pada Senin lalu (19/6/2017). Dalam surat edaran itu, masyarakat disarankan untuk melakukan pengecekan kembali saat akan meninggalkan rumah.

Ia mengatakan jika masyarakat masih menemukan peralatan elektronik yang masih tersambung dengan listrik supaya langsung mencabut untuk menghindari adanya korsleting yang bisa mengakibatkan terjadinya kebakaran.

Agus menambahkan, dalam surat edaran, masyarakat juga disarankan untuk menitipkan rumah kepada ketua RW, RT, pengurus kampung atau tetangga supaya keadaan rumah bisa terpantau dengan lebih baik.

“Kalau pas mudik, rumah kebakaran akan bahaya. Tapi untungnya masyarakat sudah mengadakan ronda. Kalau informasi yang masuk cepat, penanggulannnya juga cepat. Intinya informasi,” jelasnya saat dihubungi Rabu (21/6/2017).

Pada libur Lebaran tahun lalu, imbuhnya, terdapat satu kasus kebakaran akibat pemilik rumah tidak mencabut kabel mesin cuci. Tapi bisa dipadamkan dengan cepat karena tetangga langsung mengetahui kebakaran itu.

Selama ini, lanjut Agus, sebagian besar kasus kebakaran yang ditangani Dinas Kebakaran Kota Jogja juga diakibatkan hubungan pendek arus listrik karena instalasi listrik yang kurang baik.

Selain mengingatkan warga untuk melakukan langkah antisipasi kebakaran saat mudik, pihaknya juga melakukan antisipasi dengan menyiapkan personel. “Seluruh personel juga siap dihubungi kapan saja jika ada kejadian kebakaran. Kendaraan juga siap. Kami siap 24 jam” katanya.

Sedangkan untuk peralatan pemadam kebakaran, Agus pun memastikan sudah melakukan pengecekan dan semuanya dalam kondisi siap dioperasionalkan jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya