SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas toko perhiasan emas (JIBI/Solopos/Reuters)

Lebaran 2017, kenaikan penjualan perhiasan emas di Ponorogo tidak terlalu tinggi.

Madiunpos.com, PONOROGO — Penjualan perhiasan menjelang Lebaran 2017 di sejumlah toko emas di Ponorogo naik namun tak setinggi tahun lalu. Kondisi tersebut diduga karena momentum Lebaran kali ini berbarengan dengan tahun ajaran baru sekolah sehingga masyarakat harus mengatur keuangan lebih ketat.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pemilik salah satu toko emas di Ponorogo, Yanti, mengatakan penjualan perhiasan emas naik sekitar 40% dibandingkan pada hari biasa. Dia menuturkan ada periode yang sama pada Lebaran tahun lalu, kenaikan penjualan emas sudah mencapai 60% dan menjadi 100% pada H-1 Lebaran.

Ekspedisi Mudik 2024

“Lebaran tahun ini terasa lebih sepi, ini penjualan tidak sebanyak tahun lalu,” kata dia saat ditemui Madiunpos.com di toko emas yang ada wilayah Kecamatan Ponorogo itu, Kamis (22/6/2017).

Yanti menuturkan tahun ini orang tua harus lebih selektif untuk membelanjakan uangnya. “Biasanya orang saat Lebaran membeli perhiasan, kini karena ada kebutuhan anak sekolah, mereka lebih mementingkan kebutuhan anak sekolah,” ujar dia.

Dia memaparkan perhiasan emas yang banyak dicari masyarakat Ponorogo yaitu gelang dan cincin. Harga emas saat ini kata dia senilai Rp430.000/gram hingga Rp460.000/gram.

Menurut dia, sebelum Ramadan harga emas mencapai Rp470.000/gram. “Kalau harganya saat ini cenderung stabil,” kata Yanti.

Meski pada H-3 penjualan masih sepi, kata dia, diperkirakan penjualan emas akan naik pada saat H-1 Lebaran.

Hal senada juga dikatakan karyawan perhiasan perak di Ponorogo, Rian. Dia mengatakan penjualan perhiasan perak di tokonya tidak terlalu tinggi dibandingkan hari biasa.

Menurut dia, pada saat momentum Lebaran tahun ini berbarengan dengan adanya tahun ajaran baru anak sekolah. “Ya ada kenaikan, tetapi tidak banyak,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya