SOLOPOS.COM - Ngabekten Kraton Jogja, Kamis (7/7/2016) (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Lebaran 2017, Kraton kembali menggelar agenda tahunan

Harianjogja.com, JOGJA — Acara ngabekten (sungkeman) dan grebeg syawal Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang menjadi tradisi setiap Lebaran. Tahun ini rencananya akan digelar pada tanggal 26 Juni 2017.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Penghageng Tepas Dwarapura Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, KRT Jatiningrat mengatakan pada tanggal 26 Juni direncanakan akan ada tiga sesi ngabekten, yang dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga malam hari.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menjelaskan ngabekten pertama disebut sebagai Pisowanan Ngabekten Hageng. Dalam Pesowanan Ngabekten Hageng, Sri Sultan Hamengku Buwono X akan saling memaafkan Sri Pakualam X, para kepala daerah di seluruh kabupaten dan kota di DIY, dan abdi dalem.

KRT Jatiningrat atau yang biasa disapa Romo Tirun melanjutkan, setelah Pisowanan Ngabekten Hageng usai, kemudian acara diteruskan dengan Pisowanan Ngabekten Gangsal Jungan. Ngabekten ini khusus diperuntukkan kepada abdi dalem, baik keprajan maupun punakawan yang berpangkat wedana.

”Kemudian pukul 13.30 [WIB], dilanjutkan Pisowanan Ngabekten Dharah Dalem. Yang ini biasanya agak santai karena ini untuk keluarga. Mulainya mungkin pukul 15.00 WIB,” jelas Romo Tirun ketika ditemui dikediamannya, Kamis (22/6/2017).

”Biasanya di semua ngabekten, Sultan akan duduk 30 menit sampai 1 jam setelah jadwal ditetapkan. Lalu dihari berikutnya, ngabekten difokuskan untuk kerabat dan abdi dalem putri.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya