SOLOPOS.COM - Stasiun Lempuyangan. Ilustrasi, gambar diambil sebelum pandemi. (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Pemudik dari luar daerah diprediksi mulai berdatangan pada tanggal 23 Juni mendatang atau pada H-2 Lebaran

 
Harianjogja.com, JOGJA-Pemudik dari luar daerah diprediksi mulai berdatangan pada tanggal 23 Juni mendatang atau pada H-2 Lebaran. Namun jauh sebelumnya, kalangan mahasiswa dari luar daerah sudah lebih dulu meninggalkan Jogja pada H-8.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal tersebut terlihat di Stasiun Lempuyangan. Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, Sabtu (17/6/2017), sejumlah mahasiswa terlihat mengantre masuk stasiun untuk menanti kereta yang akan ditumpangi.

Dini Krisnamurti, misalnya. Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UIN) Sunan Kalijaga ini akan kembali ke kota asalnya di Ciamis dengan menumpangi kereta Pasundan Lebaran.

“Kebetulan sudah libur jadi pulang. Kalau besok-besok sudah ramai,” katanya, Sabtu (17/6/2017).

Ia membeli tiket melalui online sejak tiga bulan lalu dengan harga Rp94.000.

Salah satu petugas Customer Service Mobile di Stasiun Lempuyangan Mega Yatul juga mengatakan, kebanyakan penumpang kereta api pada Sabtu kemarin adalah pelajar dan mahasiswa yang akan kembali ke kota asalnya. “Paling banyak ke arah barat,” katanya.

Mega mengakui, suasana stasiun mulai ramai. Beberapa penumpang yang mengantre tiket sampai duduk di lantai karena kursi tunggu yang disediakan tidak mencukupi.

Jika mahasiswa sudah mulai meninggalkan Jogja pada akhir pekan ini, kedatangan pemudik dari luar kota diprediksi baru terjadi pada 23 Juni mendatang. Hal tersebut sudah diprediksi oleh Hendy Helmy selaku Executive Vice President PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Jogja.

PT Angkasa Pura 1 Bandara Adisutjipto juga memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada 23 Juni. “Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-2 dengan jumlah pax 26.000 penumpang,” kata Liza Anindya Rahmadiani selaku Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura 1 Bandara Adisutjipto.

Berdasarkan data statistik pergerakan Posko Terpadu Angkutan Lebaran di Bandara Internasional Adisutjipto 16 Juni 2017 atau pada H-9 Lebaran sudah menunjukkan peningkatan. Jumlah kedatangan penumpang tumbuh 13,70% dibandingkan tahun lalu yang hanya 9.661 penumpang.

Jumlah penumpang yang berangkat atau meninggalkan Jogja juga meningkat 22,04% dari sebelumnya hanya 9.329 menjadi 11.386 penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya