SOLOPOS.COM - Numplak Wajik di Kemagangan, Kraton Jogja, Jumat (23/6/2017). (JIBI/Twitter Kraton Jogja)

Gejog lesung yang dimainkan Kanca Abrit mengawali jalannya upacara tersebut

Harianjogja.com, JOGJA—Rangkaian perayaan Idulfitri di Kraton Jogja sudah dimulai pada Jumat (22/6/2017) dengan menggelar upacara Numplak Wajik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Upacara yang dilaksanakan di Pareden, Kemagangan itu dipimpin GKR Bendara, putri bungsu Sri Sultan HB X. Gejog lesung yang dimainkan Kanca Abrit mengawali jalannya upacara tersebut.

Numplak Wajik merupakan sebuah awalan dari keseluruhan rangkaian Gerebeg Syawal 2017 yang dilakukan Kraton Jogja. Setelah Numplak Wajik dilakukan, para abdi dalem Keparakan membagikan lisah konyoh yang dipercaya sebagai tolak bala.

Gerebeg Syawal akan dilangsungkan pada Senin (26/6/2017) mulai pukul 08.00 WIB. Untuk memantapkan pelaksanaan, pada Sabtu (24/6/2017) akan dilakukan gladi bersih Gerebeg Syawal sekitar pukul 15.00 WIB.

Gerebeg Syawal menjadi satu dari dua penanda perayaan Idulfitri di lingkungan Kraton. Satu penanda lainnya yakni Ngabekten, yakni tradisi sungkeman untuk internal Kraton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya