SOLOPOS.COM - Warga antre mengambil sembako yang dibagikan Presiden Joko Widodo pada hari kedua Lebaran 2017 di Graha Saba Buana, Sumber, Banjarsari, Solo, Senin (26/6/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Lebaran 2017, Jokowi mudik dan membagikan paket sembako untuk warga miskin Solo.

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan 4.000 paket sembako kepada warga Solo kurang mampu saat mudik Lebaran 2017, Senin (26/6/2017) sore.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kegiatan pembagian paket sembako tersebut dilaksanakan di halaman Graha Saba Buana yang beralamat di Jl. Letjend. Suprapto No. 80-B Kelurahan Sumber, Banjarsari.

Presiden Jokowi memantau langsung aktivitas pembagian sembako berisi 1 liter minyak goreng, 1 kg gula pasir, 1 kotak teh celup, dan 5 kg beras. Mengenakan busana kemeja putih dan celana jeans, Presiden Jokowi tiba di halaman Graha Saba Buana pada pukul 15.30 WIB.

Ekspedisi Mudik 2024
Presiden Joko Widodo (tengah) menyapa warga saat meninjau pembagian sembako di halaman Graha Saba Buana, Sumber, Banjarsari, Solo, Senin (26/6/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Presiden Joko Widodo (tengah) menyapa warga saat meninjau pembagian sembako di halaman Graha Saba Buana, Sumber, Banjarsari, Solo, Senin (26/6/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Setibanya di halaman Graha Saba Buana, Presiden Jokowi tampak ramah menjabat tangan dan menyapa warga yang ikut mengantre untuk mendapatkan paket sembako. Dia tidak memberikan langsung paket sembako yang dibungkus menggunakan tas warna merah-putih bertuliskan Bantuan Presiden Republik Indonesia tersebut.

“Segera, segera, nanti ndak [keburu] hujan,” kata Jokowi sambil menepuk-nepuk bahu sejumlah warga yang ikut mengantre mendapatkan paket sembako.

Saat ditemui awak media, Presiden Jokowi tidak banyak berkomentar mengenai acara pembagian sembako maupun kegiatannya selama mudik di Solo.

Berdasarkan pantauan solopos.coom, Jokowi berada di Graha Saba hanya sekitar 30 menit. Setelah puas menemui warga, Jokowi kemudian pulang menuju kediamannya di Jl. Kutai Utara dengan cara berjalan kaki. Saat perjalanan pulang, Jokowi juga sempat melayani permintaan banyak warga yang rela berdesakan untuk bisa bersalaman hingga berfoto bersama.

Warga mengambil sembako yang dibagikan Presiden Joko Widodo pada hari kedua Lebaran 2017 di Graha Saba Buana Jl. Letjend. Suprapto No. 80-B Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, Senin (26/6/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Warga mengambil sembako yang dibagikan Presiden Joko Widodo pada hari kedua Lebaran 2017 di Graha Saba Buana Jl. Letjend. Suprapto No. 80-B Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, Senin (26/6/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Kepada wartawan, Jokowi mengatakan sebelum hadir dalam acara pembagian sembako digelar, dirinya sudah melakukan acara sungkeman keluarga memperingati Lebaran. Dia juga sudah menemui sang ibunda, Sujiatmi Notomiharjo.

“Sudah. Sudah tadi [sungkeman],” kata Presiden.

Kepala Bagian Peliputan dan Dokumentasi, Biro Pers, Media, dan Informasi, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden, Erlin Suastini, memastikan ada 4.000 paket sembako yang dibagikan Presiden kepada warga.

Dia menyebut, secara resmi jumlah paket sembako yang dibagikan kepada warga hanya 3.000 paket. Sedangkan 1.000 paket sembako lainnya digunakan sebagai cadangan jika warga yang datang membeludak. Erlin mengatakan, warga yang menerima sembako adalah warga kurang mampu yang tinggal di sekitar kediaman Presiden.

“Kami koordonasi dengan pak lurah dan pak camat sini [Banjarsari]. Mereka yang mengundang warga kurang mampu untuk menerima paket sembako dari Bapak Presiden,” kata Erlin  sebelum acara pembagian sembako.

Seorang warga RT 002/RW 015 Kelurahan Sumber, Sri Lestari, 54, senang bisa memperoleh paket sembako dari Presiden. Perempuan yang hidup menjanda tersebut mengetahui adanya pembagian paket sembako tersebut dari pengurus RW setempat pada Senin siang. “Sembako bisa untuk dimakan saat Lebaran ini,” tutur Sri Lestari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya