SOLOPOS.COM - Ilustrasi Rumah Sakit (Reuters)

Lebaran 2017 dipersiapkan Pemkab Kulonprogo dengan menyiagakan rumah sakit

Harianjogja.com, KULONPROGO — Setidaknya delapan Rumah Sakit (RS) di Kulonprogo siaga 24 jam, selama arus mudik dan arus balik Idul Fitri 2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Bambang Haryatno, pada Jumat (16/6/2017) mengatakan, delapan RS tersebut adalah RS Umum Daerah (RSUD) Wates, RSUD Nyi Ageng Serang, RSU Rizki Amalia Temon, RSU Kharisma Paramedika, RSU Rizki Amalia Lendah, RSU Pura Raharja, RSU PKU Muhammadiyah Nanggulan, RSU Santo Yusuf Boro. Selain menyiagakan RS-RS tadi, Dinkes juga menyiagakan sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), yang berada di jalur mudik. Jam kerja Puskesmas ini dibagi berdasarkan lokasi mereka, yang berada di jalur mudik dan jalur balik lebaran 2017.

10 Puskesmas ini di antaranya Puskesmas Temon I, Puskesmas Panjatan II, Puskesmas Galur II, Puskesmas Sentolo I, Puskesmas Sentolo II, Puskesmas Samigaluh I, Puskesmas Girimulyo II, Puskesmas Temon II, dan Puskesmas Wates. 10 Puskesmas ini telah diinstruksikan untuk siaga selama 24 jam melayani masyarakat dan pemudik. Sedangkan Puskesmas Pengasih I, Puskesmas Pengasih II, Nanggulan, Kalibawang, Galur I, Temon II akan siaga selama 12 jam.

“Kalau yang buka dengan jam operasional biasa, adalah Puskesmas Kokap I, Kokap II, Girimulyo I, Samigaluh II, dan Lendah II,” kata dia, Jumat (16/6/2017)

Staff Seksi Pelayanan dan Rujukan Khusus Dinkes Kulonprogo, Usman Fauzi menuturkan, nantinya Dinkes juga akan memberikan pelayanan kesehatan di wilayah yang merupakan kawasan wisata. Yakni Puskesmas Temon I dan Temon II, Puskesmas ini akan berkoordinasi dengan pengelola objek wisata Pantai Glagah. Sedangkan Puskesmas Kokap I dan Kokap II akan berkoordinasi dengan Waduk Sermo. Petugas akan melaporkan secara rinci kepada Dinkes mengenai pasien yang ada di sana, untuk membantu mempermudah penanganan pasien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya