SOLOPOS.COM - Salah satu bregada sedang berangkat dari kompleks Pracimasono menuju pelataran Magangan. (I Ketut Sawitra Mustika/JIBI/Harian Jogja)

Lebaran 2017 proses tahunan di Kraton Jogja, Grebeg Syawalan kembali digelar

Harianjogja.com, JOGJA — Grebeg 1 syawal yang menjadi tradisi tahunan di Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat berlangsung pada Senin (26/6/2017). Prosesi ini juga digelar untuk memperingati hari raya Idulfitri

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Abdi dalem Kawedanan Hageng Punakawan Widya Budaya, KRT Rinta Iswara menyampaikan delapan bregada Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat sudah mulai bergerak dari kompleks Pracimasono sekitar pukul 07.00 WIB menuju pelataran Magangan untuk kemudian masuk ke dalam keraton.

Delapan bregada itu adalah bregada Wirabraja, Dhaeng, Patangpuluh, Jagakarya, Prawiratama, Nyutra, Ketanggung, dan Mantrijero.

“Setelah itu bregada keluar melalui gerbang Srimanganti, kemudian naik ke pelataran Sitinggil, lalu ke Pagelaran Keraton dan membentuk barisan di Alun-Alun Utara bagian selatan. Setelah barisan siap, tujuh gunungan dikeluarkan dari bangsal Ponconiti. Di Alun-alun gunungan di hormati dengan tembakan salvo tiga kali,” jelas KRT Rinta Iswara di sela sela persiapan grebeg 1 syawal.

Tujuh gunungan itu sendiri terdiri dari tiga gunungan jaler/lanang, satu gunungan estri/wadon, satu gunungan darat, satu gunungan gepak, dan satu gunungan pawuhan.

Tujuh gunungan tersebut, imbuhnya, kemudian akan diiringi bregada Bugis, Surakarsa, dan prajurit Kadipaten Pakualam. Masing-masing Satu gunungan lanang akan di bawa ke Puro Pakualam dan Komplek Kepatihan. Sementara sisanya diarak menuju Masjid Gedhe Kauman untuk didoakan.

“Makna grebeg adalah sedekah dari sultan kepada rakyatnya. Juga sebagai rasa syukur dan doa kepada Yang Maha Kuasa,” jelas KRT Rinta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya