SOLOPOS.COM - Suasana Ruang Tunggu Terminal GSN Tanjung Perak. (Istimewa/Dok. Pelindo III)

Fasilitas sekelas bandara disipakan di pelabuhan.

Solopos.com, SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesisa (Pelindo) III menyiapkan sejumlah fasilitas sekelas bandara untuk menyambut kedatangan ribuan penumpang kapal di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Emas Semarang yang akan melanjutkan perjalanan mudik gratis Pelindo III.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

VP Corporate Communication Pelindo III, Widyas Wendra mengatakan sejumlah fasilitas tersebut berada di ruang tunggu terminal Gapura Surya Nusantara (GSN). Di antaranya seperti ruang tunggu ber-AC dan televisi di ruang tunggu untuk mengobati kebosanan saat menunggu keberangkatan bus mudik.

“Di gedung terminal kami juga ada kafe di lantai III dengan konsep outdoor dan indoor yang bisa dimanfaatkan penumpang untuk jajan apabila sedang tidak berpuasa. Suasana ruang tunggu kami cukup dingin dan nyaman layaknya seperti bandara,” kata dia, Minggu (11/6/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Wendra menambahkan pihaknya juga menyiapkan 2 unit garbarata di Tanjung Perak untuk memudahkan penumpang yang sakit, termasuk terdapat siaga posko kesehatan oleh tenaga medis dari RS Pelindo Husada Citra (PHC), regu penolong 24 jam sesuai kedatangan kapal serta suka relawan dari pramuka.

“Kami juga menyiapkan makanan kotak untuk buka puasa apabila dalam perjalanan jam buka puasa tiba,” kata dia.

Diperkirakan bakal ada sekitar 6.000an penumpang dari Kalimantan (Pelabuhan Kumai, Sampit, Pontianak, Balikpapan) dan Makassar tujuan Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Emas Semarang.

Rencananya, mudik gratis Pelindo III ini diawali di Tanjung Emas pada 15 Juni 2017 siang, dengan kedatangan KM Sirimau dari Sampit dengan total penumpang kapal 1.649 orang.

Di Tanjung Perak, mudik gratis akan dimulai pada 18 Juni 2017 dengan kedatangan KM Labobar dari Balikpapan berkapasitas 4.593 orang dan perdana diberangkatkan ke sejumlah daerah tujuan di Jatim.

“Biasanya permintaan mudik gratis ini tidak akan melebihi dari 1/4 penumpang kapal, karena banyak juga penumpang yang rumahnya di Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan sekitarnya. Sehingga kapasitas bus yang disiapkan pasti cukup menampung mudik gratis,” imbuh Wendra.

Corporate Secretary Pelindo III, Faruq Hidayat menambahkan, setiap penumpang mudik gratis akan dipandu petugas dan pengumuman dari pengeras suara untuk menuju center check ini. Ada penumpang yang sudah mendaftar saat berada di pelabuhan asal, ada juga yang mendaftar saat tiba di Tanjung Perak dan Tanjung Emas dengan menunjukan tiket kapal dan identitas diri di loket yang disediakan.

“Kami targetkan okupansi bus bisa 100% atau terisi 48 orang, caranya dengan sistem waiting list. Apabila yang sudah daftar ternyata tidak jadi ikut bus, akan digantikan oleh penumpang waiting list agar bus tetap penuh. Bila penumoang terdaftar dipanggil tidak muncul dalam 30 menit, maka kursi digantikan yang lainnya,” katanya.

Untuk tahu informasi mudik gratis ini, penumpang kapal laut bisa mengakses website www.pelindo.co.id. Pogram mudik gratis Pelindo III tahun ini pun ada yang berbeda. Untuk kali pertama, Pelindo III  menyiapkan jingle lagu “Yuk Pulang Kampung Bareng Pelindo III”, yang diyakini bakal mengena di telinga peserta mudik gratis Pelindo III.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya