SOLOPOS.COM - Warga melintas di sekitar gerbang jalan tol Salatiga yang berlatar belakang gunung Merbabu di Tingkir, Kota Salatiga, Jateng, Kamis (8/6/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Lebaran 2017 diprediksi akan terjadi kemacetan akibat lonjakan kendaraan pemudik di beberapa titik di Salatiga, khususnya exit tol atau gerbang jalan tol (GT) di Tingkir.

Semarangpos.com, SEMARANG — Jajaran Polres Salatiga mulai menyiapkan sederet rekayasa arus lalu lintas guna mengantisipasi terjadinya kemacetan di wilayah Salatiga saat musim mudik Lebaran 2017.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Dikutip dari laman Internet resmi Polres Salatiga, Sabtu (17/6/2017), ada beberapa titik atau lokasi yang diprediksi bakal mengalami kemacetan di Kota Salatiga. Lokasi-lokasi itu, antara lain Jl. Jenderal Sudirman, pertigaan Blotongan, pertigaan Blawuran, dan exit tol atau gerbang jalan tol (GT) Tingkir.

Ekspedisi Mudik 2024

Demi mengantisipasi kemacetan di lokasi-lokasi itu, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Salatiga telah mempersiapakan rekayasa jalan, antara lain pengalihan arus di pertigaan Blotongan. Kendaraan dari arah Kota Semarang menuju Kota Solo yang melewati pertigaan Blotongan nantinya akan dialihkan melalui Jalan Lingkar Salatiga (JLS) apabila terjadi kemacetan. Demikian juga dengan antisipasi kemacetan di pertigaan Cebongan. Kendaraan arah Kota Solo ke Kota Semarang yang melintasi pertigaan Cebongan akan dialihkan ke JLS jika terjadi kemacetan.

Guna mengurai arus lalu lintas dalam kota, Polres Salatiga juga akan memasang rambu-rambu petunjuk di trafic light. Sementara itu, untuk mengantisipasi kemacetan di pintu keluar jalan tol Bawen-Salatiga, aparat Satlantas Polres Salatiga akan menerapkan sistem buka tutup arus lalu lintas dari gerbang jalan tol Tingkir. Dari arah Tingkir menuju Suruh akan dialihkan melalui Jl. Senjoyo, dengan prioritas arus dari exit tol Tingkir. Apabila antrean di exit tol Tingkir sudah mencapai lebih dari 1 km, maka akan dilakukan penutupan di ruas Bawen dan semua kendaraan akan diarahkan menuju exit tol Bawen.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Salatiga, Iptu Mia, menjelaskan bahwa dalam rangka Operasi Ramadniya Candi 2017 selain penempatan personel di tempat-tempat rawan kemacetan papan petunjuk maupun peringatan yang juga akan dipasang di beberapa lokasi. “Papan-papan peringatan ini akan jelas dan mudah dilihat oleh masyarakat,” ujar Iptu Mia dikutip laman Internet resmi Polres Salatiga, Sabtu.

Dengan persiapan dan upaya-upaya yang akan dilakukan oleh Jajaran Polres Salatiga diharapkan arus mudik dan balik Lebaran 2017 di wilayah Kota Salatiga dapat berjalan dengan aman dan lancar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya