SOLOPOS.COM - Ilustrasi tunjangan hari raya (THR). (JIBI/Solopos/Dok.)

Lebaran 2017 dipastikan Apindo Jateng mendatangkan tunjangan hari raya (THR) hak para pekerja.

Semarangpos.com, SEMARANG — Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah mengimbau para pekerja tidak perlu mengkhawatirkan pembayaran tunjangan hari raya (THR). “Kami sudah memberikan imbauan kepada para pengusaha untuk segera membayarkan THR,” kata Ketua Apindo Jawa Tengah Frans Kongi di Semarang, Selasa (30/5/2017).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut dia, sesuai arahan pemerintah, THR dibayarkan dua pekan menjelang Lebaran. Meski demikian, saat ini ada beberapa perusahaan yang mulai melakukan pembayaran THR. “Belum banyak, tapi beberapa sudah melakukannya. Ini untuk meringankan beban perusahaan pada jelang Lebaran,” katanya.

Di sisi lain, Frans berharap adanya kesepakatan antara perusahaan dengan pekerja seandainya perusahaan yang bersangkutan mengalami kesulitan untuk membayar THR. “Harus ada kesepakatan yang dipatuhi bersama, kalaupun ada kejadian tersebut saya pikir tidak terlalu banyak. Di Jawa Tengah ini hanya ada 1-2 perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan hingga tidak bisa membayarkan THR secara penuh,” katanya.

Berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, untuk kondisi tersebut THR akan dibayarkan dua kali oleh perusahaan yang bersangkutan. “Setengah dibayarkan menjelang Lebaran, sisanya dibayarkan setelah Lebaran. Selama pekerja tahu dari awal tidak akan ada masalah,” katanya.

Pihaknya juga berharap jika perusahaan kesulitan membayarkan THR, sejak awal harus ada keterbukaan kepada perwakilan serikat buruh. “Dengan demikian, pekerja bisa menerima kondisi tersebut. Bagaimanapun juga, ketika perusahaan kesulitan membayarkan THR, pekerja tidak bisa memaksakan kemampuan perusahaan tersebut,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya