Tutup Iklan

LEBARAN 2017 : 68 CCTV untuk Atasi Kemacetan di DIY

LEBARAN 2017 : 68 CCTV untuk Atasi Kemacetan di DIY

SOLOPOS.COM - Arus lalu lintas di perempatan Tugu Jogja lancar pad Senin (9/5/2016) pagi. (sumber akun twitter @ATCS_DIY)

Lebaran 2017, untuk memantau arus mudik dan balik, Dishub memasang CCTV

Solopos.com, SLEMAN -- Dinas Perhubungan DIY akan memantau arus lalu lintas melalui puluhan closed circuit television (CCTV) seluruh DIY untuk mengatasi arus mudik lebaran 2017. Pemantauan dilakukan dengan mengendalikan lampu bangjo dari ruang area traffic control system (ATCS) Dishub DIY.

Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan DIY Agus Harry Triono menjelaskan, selain melakukan rekayasa lalu lintas di lapangan, pihaknya akan memaksimalkan penggunaan ATCS yang berada di Dishub DIY dalam mengurai kemacetan. Dalam sistem itu mampu memantau puluhan lampu bangjo di seluruh DIY baik yang berada di ruas jalan nasional maupun jalan provinsi. Mengingat di setiap persimpangan yang rawan kemacetan itu telah terpantau sebanyak 68 CCTV yang bisa diakses melalui ATCS secara online.

"Total ada 68 CCTV, dari puluhan lampu bangjo di seluruh DIY, seperti ada di Tempel, Prambanan dan seluruh persimpangan yang ramai. Itu memang koneksinya pakai nirkabel," ungkap Agus, Selasa (6/6/2017).

Ia menambahkan, CCTV itu akan merekam secara otomatis arus lalu lintas di sekitar titik yang terpasang CCTV. Selama lebaran, pemantauan akan dilakukan sejak pagi pukul 06.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Setiap bagian piket akan ada sekitar empat hingga enam petugas dari Dishub DIY yang bertugas memantau setiap kepadatan arus lalu lintas.

"Memantaunya meskipun lebaran, seringnya arus lalu lintas menurun saat di atas jam 24, untuk Jogja relatif tidak terlalu besar yang masuk. Tetapi, pengaturan lampu bangjonya juga bisa dipake otomatis, misal seharusnya pergerakan malam itu harusnya besar dari timur bisa juga saat malam bisa disetting otomatis," urai dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kenaikan Kasus Covid-19 Jateng Tertinggi di Indonesia

Wiku Adisasmito dari Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 menyatakan kenaikan kasus Covid-19 di Jateng tertinggi di Indonesia.

Kasus Covid-19 di Sukoharjo Belum Berhenti, Bupati Etik: Ayo Taat Prokes!

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, mengimbau warga untuk selalu taat terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Hampir 2 Tahun Tabrak Lari Flyover Manahan Solo, LP3HI Kembali Gugat Praperadilan

Keluarga korban bersama LP3HI kembali melayangkan gugatan praperadilan kasus tabrak lari di flyover Manahan Solo yang belum ada kejelasan.

Tak Bisa Dihubungi, Seorang Perempuan Ditemukan Tewas di Gubug

Dari keterangan pihak keluarga, korban selama ini memiliki riwayat penyakit jantung dan hipertensi.

4 Zodiak Ini Konon Pilih-Pilih Teman

Berteman membuat hidup seseorang menjadi lebih mudah, namun tidak semua pemilik tanda zodiak piawai berteman, bahkan pilih-pilih teman.

Ribuan TKI asal Jateng Pulang Kampung, Sudah Swab & Karantina

Mereka pulang setelah menyelesaikan kontrak kerja di berbagai negara seperti Hongkong, Malaysia, dan Arab Saudi.

Presiden Akhirnya Turun Tangan dalam Polemik KPK

Penolakan Jokowi sebagai pesan bahwa TWK untuk memberhentikan pegawai KPK hanya alat yang digunakan oleh Ketua KPK Firli Bahuri secara sistematis untuk melemahkan pemberantasan korupsi.

Arti Mimpi Diperkosa Tak Selamanya Buruk, Cek Dulu!

Seseorang yang pernah mimpi diperkosa pasti bertanya apa arti dari mimpi itu, banyak dari mereka beanggapan mimpi itu memilki makna yang buruk.

Jumlah Penumpang KA dari Stasiun Klaten Mulai Melonjak

Penumpang kereta api atau KA yang diberangkatkan melalui Stasiun Klaten melonjak pada Selasa (18/5/2021). Lonjakan jumlah penumpang yang diberangkatkan itu seiring berakhirnya masa larangan mudik.

7.308 Calon Penumpang Tes GeNose di Stasiun Klaten, 72 Orang Positif

Sebanyak 72 orang dari total 7.000-an calon penumpang KA yang mengikuti tes GeNose di Stasiun Klaten menunjukkan hasil positif.

Nekat! 8 Orang di Brebes Mandikan Jenazah Pasien Corona

Setelah petugas pulang, peti jenazah dibongkar. Jenazah pasien Corona itu dikeluarkan dan dimandikan.

Sebelum Meninggal Kecelakaan, Calon Pengantin Asal Purwantoro Wonogiri Sudah Diingatkan Ortunya

Gadis asal Purwantoro, Wonogiri, meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas saat berangkat kerja sepekan sebelum hari pernikahan.