SOLOPOS.COM - Kartu AS Telkomsel (Detik)

Lebaran 2016 membuat trafil data Telkomsel mencapai 2.500 TB.

Solopos.com, JAKARTA — Masifnya penggunaan media sosial dan pesan instan sebagai jalur komunikasi selama Lebaran 2016 telah membuat jaringan Telkomsel mengalami lonjakan trafik data pesat hingga 2.500 Terabyte (TB).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati, angka 2.500 TB itu merupakan peningkatan sekitar 12% dibandingkan dengan trafik data di hari biasa selama Lebaran 2016.

“Tapi bila dibandingkan dengan periode yang sama pada Lebaran tahun 2015 lalu, kenaikan trafik datanya sekitar 75%,” kata Adita, seperti dikutip dari Detik, Sabtu (9/7/2016).

Namun demikian, lonjakan trafik di hari-H itu ternyata bukan yang tertinggi. Puncak trafik layanan data terbesar ternyata terjadi pada H-1, yang mengalami kenaikan 78% menjadi sekitar 2.700 TB. Bila dibandingkan dengan hari normal 2016, trafik data ini naik sekitar 17%.

Trafik penggunaan layanan yang tertinggi terkonsentrasi di area Jawa-Bali, khususnya Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali, yang merupakan destinasi utama mudik dan daerah wisata. Pengunaan data di area ini menembus angka 771 TB saat momen H-1 Lebaran.

Adapun area yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data tertinggi dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2015 adalah Sumatra, kenaikan terpantau hingga lebih dari 89% menjadi sekitar 665 TB saat momen H-1 Lebaran.

Penggunaan layanan data pada H-1 Lebaran dan saat Lebaran tercatat mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi yang dilalui atau disinggahi oleh pemudik seperti exit tol Kaliangsa, exit tol Pejagan, Terminal Wates (Yogyakarta), dan Pelabuhan Lamijung (Nunukan). Begitu pula dengan lokasi-lokasi wisata, seperti Jam Gadang (Bukittinggi), Berastagi, Pantai Kuta, dan Kota Bunga (Puncak).

Layanan suara dan SMS di momen Lebaran 2016 tercatat cenderung stagnan layanan suara mengalami penurunan sebesar 4% di hari Lebaran menjadi sekitar 1,5 miliar menit bila dibandingkan dengan trafik percakapan di hari normal 2016. Sedangkan layanan SMS masih mencatat kenaikan sebesar 1% di malam takbiran.

Adapun tingkat keberhasilan koneksi data dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai lebih dari 99%, sedangkan tingkat kesuksesan panggilan mencapai lebih dari 98% yang artinya tidak ada masalah yang berarti dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman.

Sebelumnya Telkomsel telah melakukan peningkatan kualitas jaringan guna melayani kebutuhan komunikasi pelanggan selama periode mudik Lebaran. Optimalisasi jaringan ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi yang biasanya terjadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

Lonjakan ini memang telah diprediksi Telkomsel sebelumnya yang memperkirakan pada saat puncak arus mudik 2016 akan terjadi lonjakan layanan SMS dibanding hari biasa berkisar 5%-15% menjadi sekitar 930 juta SMS per hari. Untuk layanan data diperkirakan menembus 2.700 TB atau naik 15%-20%.

Telkomsel sendiri tercatat telah melayani 153 juta pelanggan seluler di seluruh Indonesia dengan angka pengguna yang telah menggunakan akses data sekitar 70 juta baik melalui koneksi 2G, 3G dan 4G.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya