SOLOPOS.COM - Sejumlah penumpang dari Semarang dan sekitarnya turun di lokasi penurunan penumpang Terminal Tirtonadi Solo, Sabtu (25/6/2016). Hingga H-10 Belum ada peningkatan arus mudik lebaran. (Arif Fajar S./JIBI/Solopos)

Lebaran 2016 arus pemudik di Terminal Tirtonadi pada Sabtu (25/6/2016) masih sepi.

Solopos.com, SOLO — Arus mudik yang memasuki Terminal Tirtonadi Solo hingga Sabtu (25/6/2016) masih sepi. Sebagian besar penumpang yang turun dan naik dari terminal tersebut didominasi penumpang dan bus reguler.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kondisi ini dikeluhkan sejumlah pekerja angkut barang (porter) yang biasa mangkal di terminal Tirtonadi Solo. Pantauan Solopos.com, tidak hanya porter, sejumlah pengemudi taksi, tukang becak dan tukang ojek yang menunggu pemudik harus kecewa dengan sepinya penumpang yang memanfaatkan jasa mereka.

Ekspedisi Mudik 2024

Bahkan ada di antara mereka yang memilih tidur di dekat pintu keluar penumpang di sisi selatan. Sementara armada bus yang masuk ke Terminal Tirtonadi masih didominasi bus antarkota dalam provinsi (AKDP).

“Masih sepi pemudik, hanya penumpang dari wilayah Jawa Tengah dan Surabaya saja yang turun di Terminal Tirtonadi,” ujar Sutarjo salah seorang porter di Terminal Tirtonadi kepada Solopos.com, Sabtu.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tambah Sutarjo, penumpang arus mudik baru akan ramai pada H-4 atau kemungkinan pada Sabtu (2/7/2016) mendatang. Kondisi ini terjadi karena pabrik-pabrik belum libur sehingga karyawannya belum bisa mudik.

“Bisa juga karena adanya fasilitas mudik gratis yang disiapkan pemerintah dan perusahaan, juga mudik dengan kendaraan pribadi, sehingga pemudik yang turun di Terminal Tirtonadi tidak seramai beberapa tahun lalu,” ujar Parso, porter lainnya.

Sementara Kepala UPTD Terminal Tirtonadi, Eko Agus Susanto mengatakan, sampai saat ini belum ada peningkatan jumlah penumpang terutama penumpang arus mudik. Penumpang yang turun dan bus yang masuk masih bus reguler.

“Kemungkinan ada peningkatan penumpang arus mudik mulai H-7 Lebaran dan diperkirakan full atau mencapai puncaknya Sabtu [2/7],” jelas Eko kepada Solopos.com, Sabtu.

Pada tahun sebelumnya, tambah Eko, puncak arus mudik mencapai 24.000 penumpang yang turun di Terminal Tirtonadi. Diperkirakan tahun ini (2016) pemudik yang turun di terminal puncaknya akan bertambah 5%. Karena ada program pemerintah di mana Terminal Tirtonadi menjadi tujuan truk pengangkut 2.000 sepeda motor pemudik pada tanggal 1-2 Juli, dan diikuti pemiliknya pada tanggal 3 Juli 2016.

“Posko Lebaran baru akan didirikan H-7, pada intinya Terminal Tirtonadi siap menerima kedatangan pemudik seiring selesainya bangunan di lantai satu. Penumpang juga dimudahkan dengan adanya penunjuk arah bus yang menjadi tujuan berikutnya,” ujar Eko.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya