SOLOPOS.COM - Sebuah pesawat Sriwijaya Air terlihat di Bandara Adi Soemarmo beberapa waktu lalu. (JIBI/Solopos/Dok.)

Lebaran 2016 mencapai puncak arus balik pada hari ini dan besok, termasuk di Bandara Adi Soemarmo.

Solopos.com, SOLO — Arus balik Lebaran di Bandara Adi Soemarmo mulai terlihat sejak Kamis (7/7/2016) malam. Puncak arus balik diprediksi terjadi pada Sabtu dan Minggu (9-10/7/2016). Staf Humas PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Dian Ratih Ristauri, mengatakan biasanya jumlah penumpang yang berangkat dari bandara internasional ini hanya berada di kisaran 1.500-an orang per hari.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Namun, jumlah penumpang yang berangkat mencapai 3.568 orang pada Kamis atau naik sekitar 89% jika dibandingkan dengan tahun sebeluumnya. Kebanyakan penumpang mengambil jadwal keberangkatan sore dan malam.

“Prediksi puncak arus balik akan terjadi pada Sabtu dan Minggu karena Senin (11/7/2016) sudah masuk kerja. Oleh karena itu, Minggu, selain ada extra flight Sriwijaya Air, juga akan ada extra flight dari Batik Air dan Garuda Indonesia akan memanfaatkan pesawat bigger [wide body/Airbus 300] dengan kapasitas 360 kursi dari biasanya yang hanya 180 kursi [Boeing 737],” jelas wanita yang akrab disapa Ratri ini kepada Solopos.com, Jumat (8/7/2016).

Dia mengatakan saat ini, extra flight hanya dilakukan oleh Sriwijaya Air, yakni dengan tambahan dua kali sehingga dalam sehari ada lima jadwal penerbangan. Sedangkan pada Minggu, maskapai tersebut akan menambah jadwal extra flight menjadi tiga kali.

Dia mengungkapkan pada Jumat hingga pukul 13.00 WIB, tercatat kedatangan hanya sekitar 1.147 orang melalui delapan pesawat sedangkan penumpang yang berangkat mencapai 1.629 orang dengan 10 pesawat. Jumlah kargo berangkat pun lebih tinggi, yakni 177 kg sedangkan yang datang hanya 133 kg. Selain itu, bagasi pesawat saat datang hanya 8.398 kg sedangkan bagasi berangkat mencapai 12.768 kg.

“Hari ini [kemarin] ada penundaan pesawat Nam Air rute Cengkareng-Solo-Cengkareng dari jadwal 10.30 WIB/11.00 WIB menjadi 13.30 WIB/14.00 WIB. Selain itu, ada satu unscheduled flight [penerbangan tidak terjadwal], yakni Airfast rute Halim Perdana Kusuma-Denpasar,” jelasnya.

Sementara itu, General Manager (GM) Garuda Indonesia Branch Office Solo, Mochamad Firman, mengatakan tiket arus mudik sudah ludes pada Kamis-Kamis (30/6-7/7/2016). Sedangkan untuk arus balik, penjualan tiket pada Jumat-Rabu (8-13/7/2016) sudah ludes terjual.

“Garuda Indonesia tidak ada extra flight tapi pada Minggu, kami mengoperasikan pesawat bigger untuk dua kali jadwal penerbangan. Animo masyarakat sangat tinggi sudah sejak lama,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya