SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik dengan kereta api (JIBI/Solopos/Antara)

Lebaran 2016 mencatatkan jumlah pemudik dengan kereta api naik hingga 12%.

Semarangpos.com, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) IV Semarang mencatat jumlah penumpang kereta api selama masa angkutan mudik Lebaran 2016 mencapai 278.005 orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) IV Semarang Gatut Sutyatmoko mengatakan jumlah penumpang kereta api (KA) selama masa angkutan mudik Lebaran 2016 naik 12% dibandingkan Lebaran 2015. “Jumlah penumpang KA selama arus mudik Lebaran mulai 24 Juni-7 Juli 2016 tercatat sebanyak 278.005 orang, naik 12% dibandingkan tahun lalu sebanyak 268.000 orang,” katanya dihubungi Semarangpos.com, Jumat (8/6/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, penumpang arus mudik Lebaran masih padat sampai H Lebaran pada Kamis (7/6/2016), dengan jumlah penumpang yang turun di Stasiun Tawang dan Poncol Semarang sebanyak 26.838 orang. “Penumpang yang naik dari Stasiun Tawang dan Ponco pada 7 Juli lali juga cukup banyak, yakni 24.477 orang,” imbuhnya.

Gatut lebih lanjut menyatakan tidak ada penumpang KA yang telantar di stasiun pada arus mudik Lebaran, karena pihaknya telah melakukan antisipasi dengan menambah tiga tambahan KA Lebaran. Tiga KA itu adalah KA Argo Muria dan KA Argo Sindoro jurusan Stasiun Tawang Semarang-Stasiun Gambir Jakarta pergi pulang (PP) masing-masing dengan kapasitas 400 kursi, KA Tawang Jaya Lebaran jurusan Stasiun Poncol Semarang-Pasar Senen Jakarta PP dengan kapasitas 904 kursi.

“Selama masa angkutan mudik Lebaran tidak ada kendala, semua berjalan lancar tidak ada penumpang telantar dan kasus kriminalitas di gerbong KA,” ungkap Gatut.

Dia menambahkan untuk menjaga keamanan penumpang KA dari tindak kriminalitas selama angkutan mudik Lebaran mendapatkan bantuan pengamanan dari aparat Brimob Polda Jateng. “Setiap KA yang berangkat dikawal dua personel Brimob Polda Jateng bersenjata lengkap dan polisi khusus KA. Jadi keamanan penumpang terjamin,” ujarnya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya