SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Lebaran 2016, permintaan darah di PMI Solo turun.

Solopos.com, SOLO–Permintaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Solo saat Lebaran turun hingga lebih dari 50 persen. Jumlah itu dibanding hari sebelum Lebaran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Sekretaris PMI Solo, Sumartono Hadinoto, stok darah pada Senin (4/7/2016) mencapai 1.026 kantong, Selasa (5/7/2016) ada 816 kantong, Rabu (6/7/2016) ada 712 kantong, dan Kamis (7/7/2016) ada 664 kantong. Sedangkan permintaan darah pada Senin sebanyak 149 kantong, Selasa 148 kantong, Rabu 99 kantong, dan Kamis 41 kantong.

Sedangkan permintaan dari luar kota pada Senin 14 kantong, Selasa ada delapan kantong, Rabu ada 10 kantong, dan Kamis ada tiga kantong. Permintaannya dari Sragen, Sukoharjo, Boyolali, dan Purwodadi.

“Saat Lebaran, tren permintaan darah memang menurun karena banyak yang libur sakit. Jadi, banyak pasien rumah sakit yang pulang karena ingin bertemu dengan keluarganya untuk merayakan Lebaran. Ini memang tren setiap tahun. Tapi, kami senang banyak yang sehat,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Kamis (7/7/2016).

Sebelumnya ia sempat khawatir karena permintaan darah meningkat 20 persen pada awal Ramadan. Ia pun mengontak sejumlah komunitas di Solo yang mau mendonorkan darahnya ke PMI.

“Kami kurang tahu penyebabnya apa sehingga ada kenaikan darah permintaan pada awal Ramadan. Padahal, stok itu kami siapkan untuk Lebaran karena mobilitas masyarakat di jalan raya sangat tinggi yakni mudik,” ujarnya.

Selain stok darah utuh sesuai golongannya yakni A, B, AB, O, PMI juga menyiapkan pendonor komponen darah. Komponen darah itu seperti pengambilan darah putih saja, darah merah, atau komponen lainnya. “Untuk pengambilan komponen darah bagi penyakit khusus, juga kami siagakan. Tapi, sistemnya tidak seperti darah utuh. Komponen darah itu diambil ketika ada yang membutuhkan sehingga pendonor harus siap setiap saat,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya