SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tunjangan Hari Raya (THR). (JIBI/Solopos/Reuters)

Lebaran 2016 disongsong Disnakertransduk Jateng dengan memantau pembayaran THR.

Semarangpos.com, SEMARANG — Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah rutin melakukan pemantauan pembayaran uang tunjangan hari raya (THR) Lebaran 2016 oleh perusahaan-perusahaan di Jateng kepada para karyawan mereka.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Pemantauan langsung pembayaran THR yang dilakukan Kepala Disnakertransduk Jateng Wika Bintang itu antara lain dilaksanakan di PT Sandang Asia Maju Abadi di Kawasan Industri Wijayakusuma, Kota Semarang, dan PT Asia Pacific Fibers, Kabupaten Kendal, Kamis (23/6/2016). Kedua perusahaan itu dipilih secara acak.

Ia menjelaskan bahwa tujuan pemantauan yang rutin dilakukan setiap tahun menjelang Lebaran ini bertujuan untuk memastikan para pekerja di Jateng memperoleh hak-hak mereka yang salah satunya berupa THR. “Pemantauan THR dilakukan secara acak dengan memilih perusahaan yang memiliki banyak pekerja,” ujarnya.

Ia memastikan, Disnakertransduk Jateng akan terus melakukan pemantauan pemberian THR di semua wilayah. “Di luar sample perusahaan yang kami kunjungi hari ini, tetap kami pantau agar hak-hak pekerja diberikan,” katanya.

Mengenai besarannya, Wika menjelaskan bahwa THR diberikan proporsional atau sesuai dengan masa kerja, dibagi 12 bulan, dan dikalikan jumlah upah selama sebulan. “Kami mengimbau kepada seluruh perusahaan di Jateng untuk membayarkan THR kepada para pekerjanya sesuai dengan ketentuan,” ujarnya.

Salah seorang pekerja di PT Sandang Asia Maju Abadi, Sumarni, mengaku akan menerima THR, Senin (27/6/2016), sesuai dengan pengumuman dari perusahaan. “THR diberikan minggu depan, sudah ada pemberitahua dari perusahaan,” katanya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya