SOLOPOS.COM - Ilustrasi transaksi di Pegadaian Semarang. (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa)

Lebaran 2017 dipastikan bakal memicu peningkatan permintaan kredit pegadaian sehingga Pegadaian Jateng-DIY kini mengantisipasinya dengan menyiapakan dana Rp1,05 triliun.

Semarangpos.com, SEMARANG – Pegadaian Kanwil  XI Semarang yang membawahi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan dana Rp1,05 triliun, untuk mengangtisipasi melonjaknya permintaan kredit menjelang Lebaran 2016.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Pemimpin Pegadaian Kantor Wilayah (Kanwil) XI Semarang, Damar Latri Setiawan, mengatakan menjelang Lebaran yang berbarengan dengan tahun ajaran baru masyarakat membutuhkan dana lebih besar dari biasanya. “Kami telah mengantisipasi melonjaknya permintaan kredit menjelang Lebaran dan tahun ajaran baru [sekolah] dengan menyiapkan tambahan modal kerja,” katanya di Semarang, Senin (13/6/2016) sore.

Damar memperkirakan lonjakan kenaikan kredit menjelang Lebaran dan tahun ajaran baru berkisar 8% -10%. “Jika penyaluran kredit pada Mei 2016 tercatat  Rp954 miliar, berarti perkiraan penyaluran kredit pada Juni berkisar Rp1,05 triliun,” ungkapnya.

Kebutuhan dana itu, menurut dia, untuk pelaku bisnis digunakan untuk menambah modal kerja dan membayar tunjangan hari raya (THR) karyawan, sedangkan bagi orang tua yang anaknya masih sekolah untuk menyekolahkan anaknya ke jenjang lebih tinggi, serta untuk Lebaran 2016. “Kami siap membantu memberikan pinjaman kredit kepada masyarakat,” imbuhnya.

Damar menambahkan pencapaian out standing loan (OSL) sampai Mei 2016 tercatat sebesar Rp3,06 triliun atau 90,53 % dari target OSL 2016 sebesar Rp3,38 triliun. “Sedangkan untuk penyaluran kredit sampai Mei tercatat Rp4,47 Triliun atau tercapai 38,14 persen dari total target penyaluran kredit tahun 2016 sebesar Rp11,72 triliun,” ungkapnya.

Sementara itu Bagian Humas Pegadaian Kanwil XI Semarang, Kusworo menambahkan bagi masyarakat yang hendak mudik Lebaran dan terpaksa meninggalkan rumah dalam waktu lama agar terhindar dari pencurian dapat memanfaatkan layakan safe deposit box (SDB) dari Pegadaian. “Pegadaian Cabang Karangturi di Jl. Sidodadi Barat Nomor 2A Semarang menyediakan safe deposit box dengan biaya sewa yang murah,” kata dia.

Masyarakat, imbuh dia, dapat memilih untuk SDB medium  ukuran 5 incix10 inci  dengan tarif sewa Rp500.000/tahun dan SDB besar ukuran 10 incix10inci  dengan tarif sewa  Rp800.000/tahun.  “Saat ini tersedia SDB sebanyak 225 unit untuk ukuran medium dan 75 unit untuk ukuran besar, masyarakat bisa memilih sesuai kebutuhan,” pungkas dia.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya