SOLOPOS.COM - Ilustrasi warga antre di salah satu pasar murah, (JIBI/Solopos/Dok.)

Lebaran 2016, aksi sosial berupa pasar murah bisa menekan kenaikan harga.

Solopos.com, SOLO–Menjelang Lebaran, sejumlah instansi pemerintah dan swasta mengadakan pasar murah untuk membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat kurang mampu. Hal ini sekaligus diharapkan mampu menekan kenaikan harga yang biasa terjadi selama Ramadan dan Lebaran.

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Pemkot Solo melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Solo akan mengadakan pembagian 2.500 paket sembako gratis di lima titik di lima kecamatan pada 1 Juli. Acara yang diadakan setahun dua kali ini juga menggandeng perusahaan lokal maupun nasional untuk menggelar pasar murah.

Kepala Disperindag Solo, Triyana, memastikan harga yang dijual di pasar murah lebih murah jika dibandingkan dengan harga yang ada di pasar. Namun dia mengatakan harga tetap ditentukan oleh masing-masing perusahaan. Produk yang dijual pun merupakan keperluas sehari-hari, seperti sembako, sandang, hingga makanan dan minuman ringan.

“Dari hasil pantauan di lapangan, hingga saat ini harga kebutuhan pangan cenderung stabil, bahkan beberapa harga mulai ada penurunan, seperti telur ayam ras. Selain itu, pasokan yang ada di lapangan dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Triyana kepada Solopos.com, Senin (13/6/2016).

Kepala Cabang Bank Artha Graha, Tristiono Tjan, mengatakan sejak 1 Juni lalu telah menggelar pasar murah sembako dan operasi pasar daging sapi yang bekerja sama dengan Indofood diseluruh Indonesia. Dia menyampaikan Artha Graha Peduli (AGP) merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan yang biasanya mengalami kenaikan harga saat Ramadan dan Lebaran.

“Paket sembako tersebut dijual dengan harga Rp25.000/paket yang berisi beras, susu kental manis, minyak goreng, dan gula,” ujarnya saat ditemui Solopos.com.

Pasar murah ini telah diadakan pada 1 Juni di Kelurahan Banyuanyar dan 3 Juni di Kelurahan Sumber. Pada Selasa (14/6/2016) juga akan diadakan di Kalijambe, Sragen sedangkan pada Sabtu (18/6/2016) akan diadakan di sekitar lingkungan kantor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya