SOLOPOS.COM - Seorang pekerja mengoperasikan alat berat di pintu keluar jalan tol km 35 di Pungkruk, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, Kamis (23/6/2016). PT SNJ bakal mendirikan posko di tempat tersebut untuk pemantauan arus mudik Lebaran. (Tri Rahayu/JIBI/Solopos)

Lebaran 2016, kendaraan roda dua dilarang melewati jalur mudik tol Soker.

Solopos.com, SRAGEN–Kendaraan roda dua atau motor dilarang melewati jalur mudik di ruas jalan tol Klodran, Karanganyar hingga Pungkruk, Sragen sepanjang 25 km mulai Rabu (29/6/2016) atau H-7. Jalur mudik itu hanya diperbolehkan untuk kendaraan kecil roda empat atau kendaraan pribadi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penjelasan itu disampaikan Pejabat Divisi Teknis PT Solo Ngawi Jaya (SNJ), Aryo Gunanto, dalam rapat koordinasi lintas sektoral di Aula Citrayasa, kompleks Rumah Dinas Bupati Sragen, Kamis (23/6/2016). Aryo menjelaskan intrance changer (IC) yang ada di Kemiri, Kebakkramat, Karanganyar hanya dibuka secara insidental ketika terjadi penumpukan arus lalu lintas di Jl. Solo-Sragen, Kebakkramat. Pintu masuk tol itu, kata dia, hanya satu di Jl. Adi Sumarmo Klodran, Kecamatan Colomadu, Karanganyar dan keluarnya di Pungkruk, Kecamatan Sidoharjo, Sragen.

Ekspedisi Mudik 2024

“Jalur mudik di ruas jalan tol dibuka pada H-7 atau 29 Juni pekan depan. Kami sudah berkoordinasi dengan Polres Boyolali, Karanganyar, dan Sragen terkait dengan kebijakan IC di Kemiri. Kami juga sudah menyiapkan rambu-rambu dan posko di sepanjang jalur mudik yang lewat jalan tol,” ujar Aryo yang didampingi Pimpinan Proyek Jalan Tol PT SNJ, Iwan Rosa.

Aryo menyampaikan rencana pendirian posko pantauan arus mudik mulai Minggu (26/6/2016) besok. Dia juga berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) terkait dengan rencana pemasangan rambu mulai Selasa (28/6/2016). Selain itu, Aryo juga menyampaikan adanya 13 perlintasan sebidang yang masih fungsional supaya ada petugas penjaga.

Dalam kesempatan itu pula, Aryo mengundang stakeholders untuk meninjau ke lokasi jalan tol pada Senin depan. “Kami membutuhkan masukan bapak-bapak terkait dengan kekurangan persiapan di jalur mudik tersebut,” tutur dia.

Kasatlantas Polres Sragen AKP Dwi Erna Rustanti berencana mengecek jalur mudik itu mulai dari Klodran hingga Pungkruk. Erna, sapaan akrabnya, sudah berkoordinasi dengan Kasatlantas Polres Karanganyar dan Boyolali untuk mengecek persiapan mudik Lebaran.

“Rencananya Pak Ditlantas Polda Jateng bakal meninjau jalur mudik Lebaran pada Sabtu (25/6/2016) besok,” tambahnya.

Terpisah, Kasi Sarana dan Prasarana Lalu Lintas Dihubkominfo Sragen, Pursis Yuliono, menyiapkan puluhan rambu-rambu di Dishubkominfo yang rencana bakal dipasang di sejumlah jalur mudik Lebaran dalam Kota Sragen dan sekitar Gemolong. Pemasangan rambu-rambu itu, terang dia, dibarengkan dengan rencana pemasangan rambu di jalan tol, yakni pada Selasa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya