SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Seluruh kepala dinas, badan dan kantor di lingkungan pemerintah setempat selama libur harus bisa dihubungi bupati.

Harianjogja.com, BANTUL – Sekretaris Daerah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Riyantono meminta seluruh kepala satuan kerja perangkat daerah beserta jajaran siaga selama arus mudik dan balik Lebaran 2016.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

“Tidak ada batasan bagi teman-teman maupun kepala dinas untuk cuti, tetapi harus selalu ‘on call’, semua harus bisa dihubungi,” kata Sekda Bantul seusai menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama seluruh pejabat SKPD terkait persiapan Lebaran di Bantul seperti dikutip Antara, Kamis (23/6/2016).

Menurut dia, seluruh kepala dinas, badan dan kantor di lingkungan pemerintah setempat selama libur Idul Fitri 1437 Hijriah harus bisa dihubungi bupati meskipun saat dengan mudik atau pulang ke kampung halamannya.

“Misalnya kepala dinas dihubungi bupati tidak boleh menolak, kami tidak melarang pejabat yang mau mudik, akan tetapi dia juga bisa ‘dawuh’ (perintah) dengan yang lain, yang penting ada dari SKPD tidak harus kepala dinas,” katanya.

Toni sapaan akrab Sekda Bantul ini mengatakan, semua pejabat SKPD dan jajarannya harus bisa berkontribusi sesuai dengan bidang ketugasan masing-masing, guna mendukung kelancaran selama arus mudik dan balik Lebaran.

“Misalnya Kepala Dinas Kesehatan harus menyiapkan puskesmas 24 jam, kemudian menyiapkan obat-obatan, termasuk mewaspadai kemungkinan ada penyakit dari luar yang berpotensi kejadian luar biasa (KLB) harus diantisipasi,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan hasil rakor tersebut, Toni mengklaim seluruh sektor yang berkaitan dengan penyelenggaraan Lebaran 2016, baik dari sisi keamanan, jalur mudik, destinasi wisata sudah siap, begitu juga daerah rawan bencana sudah dipetakan.

Sedangkan yang berkaitan dengan sembilan bahan kebutuhan pokok, kata dia, mulai dari beras, bahan bakar minyak (BBM) dan bahan bakar elpiji yang menjadi kebutuhan masyarakat Bantul dipastikan dalam kondisi aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya