SOLOPOS.COM - Ilustrasi bahan bakar minyak (Wahyu Darmawan/JIBI/Bisnis)

Lebaran 2016 telah memasuki musim mudik sehingga konsumsi BBM pun sudah meningkat.

Semarangpos.com, SEMARANG — Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) mulai meningkat seiring dengan semakin dekatnya musim mudik Lebaran 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kenyataan sudah mulai meningkatnya konsumsi BBM itu diungkapkan Communication and Relation PT Pertamina Marketing Operation IV Jateng dan DIY Didi Andrian Indra Kusuma, di Semarang, Jumat (24/6/2016). “Jenis BBM yang konsumsinya mengalami peningkatan cukup signifikan adalah Pertamax dan Pertalite,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, peningkatan permintaan mulai terasa sejak diberlakukannya satuan petugas (satgas) pada H-15 Lebaran. Pihaknya mencatat, dari H-15 hingga H-13 Lebaran 2016, volume penjualan BBM Pertamina jenis Pertamax meningkat 9% dibandingkan konsumsi hari normal. “Jika volume konsumsi pada saat normal sebanyak 1.800 kl/hari, pada H-15 hingga H-13 ini volume konsumsi Pertamax menjadi 1.900 kl/hari,” katanya.

Selanjutnya untuk volume konsumsi pertalite meningkat sebesar 20,8%, yaitu dari 720 kl/hari di hari normal menjadi 870 kl/hari. Selain itu, untuk volume konsumsi BBM jenis solar juga mengalami peningkatan 7%. Jika pada hari normal volume konsumsi sebanyak 5.100 kl/hari, sudah dua hari ini konsumsi meningkat menjadi 5.500 kl/hari.

Meski demikian, peningkatan tersebut tidak diikuti dengan peningkatan konsumsi Premium. Bahkan, sudah dua hari ini tingkat konsumsi premium cenderung menurun. Jika pada hari normal konsumsi Premium mencapai 9.000 KL/hari, sudah dua hari ini konsumsi turun menjadi 8.700 kl/hari.

Sementara itu, terkait dengan peningkatan konsumsi tersebut pihaknya belum dapat memastikan apakah hal itu berkaitan dengan arus mudik yang sudah mulai atau memang tren konsumsi BBM yang mengalami peningkatan. “Biasanya peningkatan signifikan menjelang Lebaran akan terasa mulai H-5. Untuk puncaknya akan terjadi pada H-2 Lebaran,” katanya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya