SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemacetan pada musim mudik (JIBI/Bisnis/Dok.)

Lebaran 2016 untuk jumlah pemudik Gunungkidul diperkirakan naik tajam.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Bupati Gunungkidul Badingah menyampaikan jumlah pemudik tahun ini diprediksi meningkat sekitar 11% dibandingkan dengan tahun lalu. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul pun melakukan sejumlah persiapan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menjelaskan untuk mengantisipasi membanjirnya pemudik sudah dilakukan koordinasi lintas sektoral yang melibatkan instasi pemerintah maupun dengan petugas dari kepolisian dan anggota Kodim 0730/GK. Koordinasi ini dilakukan untuk memberikan jaminan keamanan dan rasa nyaman kepada warga yang pulang ke kampung halaman sleama mudik berlansung.

“Kami juga sudah menyiapkan beberapa alternatif untuk mengantisipasi adanya kepadatan arus kendaraan. secara keseluruhan, kami sudah siap menyambut pemudik,” kata Badingah, usai menggelar rapat koordinasi persiapan Lebaran di Ruang Rapat I Pemkab, Senin (27/6/2016).

757 Personel Disiagakan

Kepala Polres Gunungkidul AKBP Nugrah Trihadi mengatakan, sedikitnya 757 personel disiagakan untuk pengamanan lebaran. Jumlah ini terdiri dari 450 personel kepolisian, sedang sisanya merupakan akumulasi personel dari petugas pemkab, petugas medis dan ditambah dari organisasi kemasyarakatan.

“Personel itu akan disiagakan selama 24 jam,” katanya.

Untuk pemantauan arus mudik, Nugrah menerangkan, akan mendirikan satu unit pos pelayanan dan enam unit pos pengamanan. Selain itu, ada beberapa pos laju yang tersebar di beberapa titik. Pos-pos pantau ini diantaranya terletak di kawasan Hargodumilah, depan Pasar Argosari, Terminal Wonosari, depan Pasar Semin, Pantai Baron dan Pulangsawal. Semntara itu untuk Pos Pelayanan akan dibangun di Siyono.

“Rencananya pos-pos itu akan didirikan pada H-7 dan H+7 lebaran,” kata mantan Kapolres Bangka Timur ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya