SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. (JIBI/Solopos/Antara/Oky Lukmansyah)

Lebaran 2016 diperkirakan menyebabkan 6,5 juta orang bergerak melintasi atau menuju Jawa Tengah.

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap Posko Terpadu Lebaran yang didirikan 29 Juni-14 Juli 2016 di sejumlah titik dapat berfungsi optimal agar mampu memantau perkembangan berbagai hal terkait dengan arus mudik Lebaran 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tentu tidak cukup hanya dipantau saja, tapi posko ini diharapkan dapat menyajikan informasi dan data yang cepat, tepat, akurat berdasarkan kondisi riil di lapangan agar tindak lanjut serta langkah operasional yang dilakukan bisa tepat sasaran dan bermanfaat,” katanya di Semarang, Selasa (28/6/2016).

Hal tersebut disampaikan Ganjar pada Apel Siaga Posko Terpadu Lebaran 2016 di halaman kantor Gubernur Jawa Tengah. Apel Siaga Posko Terpadu Lebaran 2016 diikuti oleh petugas dari Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Polda Jateng, serta Satpol PP.

Selain memantau pergerakan arus mudik, petugas di Posko Terpadu Lebaran yang bersiaga selama 24 jam juga diminta menginformasikan kelancaran dan keselamatan lalu lintas, keamanan, serta ketertiban masyarakat, ketersediaan dan harga kebutuhan pokok masyarakat, termasuk bahan bakar minyak di masyarakat selama musim libur Lebaran 2016.

“Posko Terpadu Lebaran ini sebagai pusat koordinasi dan informasi antarinstansi yang berkaitan dengan distribusi kebutuhan pokok masyarakat, kelancaran lalu lintas, serta keamanan masyarakat dalam merayakan Idul Fitri 1437 Hijriah,” ujarnya.

Kalau terjadi permasalahan, kata Ganjar, segera laporkan dan koordinasikan dengan pihak terkait sehingga bisa ada solusi yang tepat serta dapat dipertanggungjawabkan. “Budaya mudik Lebaran yang terjadi tiap tahun mengakibatkan adanya mobilitas warga secara besar-besaran dan dari tahun ke tahun jumlahnya terus meningkat, baik melalui moda transportasi darat, udara, maupun laut,” katanya.

Ganjar menyatakan bahwa secara garis besar, Pemprov Jateng siap menyambut datangnya arus mudik Lebaran 2016. “Sesuai informasi dari Polda Jateng, maka diprediksi akan ada sekitar 6,5 juta orang yang mudik dengan tujuan akhir Jateng pada tahun ini,” ujarnya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya