SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos)

Lebaran 2016 diwarnai kemacetan di berbagai titik. Di pertigaan atau bundaran Kartasura, lalu lintas macet dan sempat dialihkan ke underpass makamhaji.

Solopos.com, SUKOHARJO — Kemacetan arus lalu lintas terjadi di sekitar Bundaran Kartasura pada dua hari menjelang Lebaran atau H-2. Arus lalu lintas dari Semarang-Solo dan Jogja-Solo dialihkan selama 30 menit untuk mengurangi penumpukan kendaraan bermotor di kawasan itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kemacetan arus lalu lintas di sekitar Bundaran Kartasura terjadi pada pukul 10.00 WIB. Volume kendaraan bermotor dari Jogja-Solo maupun Semarang-Solo meningkat signifikan dibanding hari-hari sebelumnya. Tak pelak, kendaraan bermotor yang didominasi mobil pemudik harus berjalan merayap.

Petugas langsung merespon dengan mengalihkan arus lalu lintas dari Semarang melewati Jln. Indronoto dan Luwes Kartasura. Sedangkan arus lalu lintas dari Jogja-Solo dialihkan ke Simpang Tiga Parangtejo melewati underpass Makamhaji.

Proses pengalihan arus lalu lintas dilakukan sekitar 30 menit untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas di sekitar Bundaran Kartasura. Volume kendaraan bermotor yang melewati Bundaran Kartasura diprediksi makin meningkat sampai H-1. Terlebih, saat ini, ribuan mobil pemudik masih terjebak kemacetan panjang di ruas tol Pejagan-Brebes Timur.

Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Finan Sukma Radipta, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Ruminio Ardano, mengatakan volume kendaraan bermotor yang melewati sekitar Bundaran Kartasura meningkat sekitar 15 persen dibanding H-3 atau H-4. Kendaraan bermotor masih didominasi mobil pribadi dan bus mudik gratis.

“Pengalihan arus lalu lintas hanya sekitar 30 menit karena kondisi arus lalu lintas di sekitar Bundaran Kartasura stagnan. Volume kendaraan bermotor meningkat tajam,” kata dia, saat dihubungi Solopos.com, Senin (4/7/2016).

Kasatlantas memprediksi volume kendaraan bermotor yang melewati Bundaran Kartasura bakal meningkat tajam pada H-1. Ribuan mobil pemudik yang terjebak kemacetan di ruas jalan tol Pejagan-Brebes Timur diperkirakan sampai di Solo pada H-1. Otomatis bakal terjadi penumpukan kendaraan bermotor dari arah Semarang maupun Jogja menuju Solo.

Petugas bakal standy 24 jam di tiga pos pengamanan (pospam) Lebaran di Kartasura untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan arus lalu lintas di sekitar Bundaran Kartasura. “Setiap pospam Lebaran disiagakan 20 personel. Jadi jumlah total petugas sebanyak 60 personel. Mereka bakal bekerja ekstra keras saat terjadi penumpukan kendaraan bermotor,” papar dia.

Mantan Kasatlantas Polres Temanggung ini menambahkan selain di Bundaran Kartasura, arus lalu lintas dari Solo-Sukoharjo dialihkan ke ring road utara. Hal ini dilakukan lantaran terjadi kemacetan arus lalu lintas di depan Pasar Ir. Soekarno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya