SOLOPOS.COM - Ilustrasi pegawai negeri sipil (PNS). (JIBI/Kabar24/Dok.)

Lebaran 2016 telah berlalu, para pegawai negeri sipil (PNS) kembali masuk kerja mulai Senin (11/7/2016) ini.

Semarangpos.com, SEMARANG – Pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) yang membolos pada hari pertama masuk kerja setelah libur panjang Lebaran 2016, Senin (11/7/2016) ini, diancam sanksi tegas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Para PNS di lingkungan Pemprov Jateng mulai libur sejak Sabtu (2/7/2016) lalu. Dengan masuk kembali bekerja pada hari Senin ini, maka mereka mendapatkan istirahat bekerja dengan tetap digaji selama sembilan hari alias lebih dari sepekan.

Kepala Biro Humas Pemprov Jateng Sinoeng N. Rachmadi mengatakan menandai hari pertama masuk kerja PNS, Senin mendatang, akan dilakukan apel di halaman kantor Gubernur Jateng, Jl. Pahlawan, Kota Semarang. Pelaksanaan apel pada pukul 07.00 WIB itu akan dipimpin langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

”Bagi PNS yang diketahui tidak masuk tanpa alasan yang jelas dan dapat dipertanggungjawasbkan, akan dikenakan sanksi tegas sesuai ketentuan yang berlaku,” katanya dihubungi Semarangpos.com, Minggu (10/7/2016).

Untuk mengecek kehadiran PNS, lanjut dia, diterjunkan tim penegak disiplin aparatur sipil negera yang terdiri dari unsur Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng, Biro Organisasi Sekretariat Daerah (Setda), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Inspektorat Jateng. Tim akan melakukan pengecekan presensi ke masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan  Setda Pemprov Jateng serta mencatat semua kondisi riil kehadiran di lapangan. ”Laporkan hari itu juga akan disampaikan kepada Gubernur Jateng,” tandasnya.

Sinoeng menambahkan apel tersebut sekaligus sebagai momentum penegakan disiplin PNS setelah cuti bersama Idulfitri 1374 H untuk kembali bekerja melaksanakan tugas melayani masyarakat. ”Ini adalah komitmen kepemimpinan Gubernur Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko untuk menjaga dan merawat marwah dispilin kinerja PNS dalam rangka reformasi birokrasi secara berkelanjutan,” ujarnya.

Setelah apel pagi, imbuh Sinoeng, gubernur Jateng dan wakil gubernur Jateng dijadwalkan mengadakan halalbihalal di Gedung Ghradika Bhakti Praja, Jl. Pahlawan, Semarang. Halalbihalal dibagi beberapa sesi yakni pukul 07.15 WIB-09.00 WIB untuk PNS di lingkungan kantor Gubernur Jateng.

Pukul 09.30 WIB – 11.30 WIB dengan jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), pegawai dan kepala dinas SKPD Jateng. Pada pukul 13.00 WIB – 15.00 WIB dengan pejabat pemerintah kabupaten/kota, instansi vertikal, BUMN/BUMD, perguruan tinggi, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta masyarakat umum. ”Acara halalbihalal gubernur dan wakil gubernur ini terbuka untuk seluruh masyarakat Jateng,” kata Sinoeng.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya