SOLOPOS.COM - Terminal Jombor (Rima Sekarani/JIBI/Harian Jogja)

Tren masyarakat lebih banyak menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik lebaran.

Harinjogja.com, SLEMAN – Penumpang yang menggunakan jasa bus di Terminal Jombor, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada arus mudik 2016 diprediksi akan menurun tiga persen.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

“Sejak beberapa tahun ini tren masyarakat lebih banyak menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik lebaran,” kata Kepala Seksi Angkutan dan Terminal Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Sleman Marjanto seperti dikutip Antara, Rabu (15/6/2016).

Menurut dia, tren penurunan penumpang di Terminal Jombor sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir karena perlaihan pemudik dari sebelumnya menggunakan kendaraan umum kini lebih menggunakan kendaraan pribadi.

“Tahun ini penurunan tiga persen bila dilihat dari tren penurunan empat tahun belakang,” katanya.

Ia mengatakan, pada 2013 kepadatan penumpang saat musim Lebaran mencapai 114.710 orang melalui 4.041 bus di Terminal Jombor.

“Jumlah tersebut turun drastis menjadi 106.782 penumpang pada 2014 dan sedikit naik pada 2015 menjadi 107.850 penumpang,” katanya.

Marjanto mengatakan, pada lebaran tahun ini, diperkirakan jumlah pemudik di Sleman hanya sekitar 104.614 orang dengan kepadatan lalulintas bus di Terminal Jombir sekitar 4.057 unit bus.

“Meski sejumlah kebijakan telah diterapkan pemerintah, keberadaan penumpang yang menggunakan jasa bus di terminal Jombor sulit untuk didongkrak naik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya