SOLOPOS.COM - Ilustrasi Uang Baru (Dok/JIBI/Solopos)

Lebaran 2016, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) BI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai melayani penukaran uang baru

 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Harianjogja.com, JOGJA—Bank Indonesia mulai melayani penukaran uang pecahan kecil di Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) BI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jogja, Senin (20/6/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Pada 2016, BI menyiapkan sebesar Rp5,1 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat DIY baik pecahan besar maupun kecil.

Untuk pecahan besar Rp100.000 dan Rp50.000, BI menyiapkan sebanyak Rp4,6 triliun di mana sebagian besar digunakan oleh perbankan untuk mengisi mesin ATM.

Sementara itu, uang pecahan kecil Rp20.000 ke bawah termasuk uang logam, BI menyediakan Rp538 miliar untuk keperluan penukaran uang.

“Ada tiga periode penukaran uang yang ditetapkan BI yakni periode 6-17 Juni 2016, periode 20-24 Juni  2016, dan periode 27-30 Juni 2016,” ujar Kepala KPw BI DIY Arief Budi Santoso kepada wartawan di Kantor KPW BI DIY, Jogja, Senin (20/6/2016).

Penukaran periode 6-17 Juni dilakukan melalui layanan luar kantor oleh BI di beberapa pasar. Periode 20-24 Juni diperuntukkan untuk penukaran uang kecil yang bisa dilayani di semua kantor bank termasuk BPR dan kantor BI.

Selain itu, ada pula layanan luar kantor yang dilakukan di Joglo Pemkab Sleman yang akan dilayani oleh BI, Bank Mandiri, BRI Syariah, BNI, CIMB Niaga, BPD, dan Bank Sleman.

Deputi Kepala KPw BI DY Hilman Tisnawan mengungkapkan, ada yang berbeda dari sistem penukaran uang di BI tahun ini dibandingkan tahun lalu. Tahun ini, ada scan kartu identitas. “Tujuannya, agar tidak ada yang berkali-kali menukarkan. Biar semua kebagian dan yang benar-benar butuh yang mendapatkan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya