SOLOPOS.COM - Melayani pembayaran dana pensiun (ilustrasi/JIBI/dok)

Lebaran 2016, PT Taspen membuka layanan terbatas untuk pencairan pensiun ke-13.

Solopos.com, SOLO–PT Taspen bekerja sama sama dengan mitra bayar membuka posko layanan pengambilan pensiun bulan ke-13 pada Sabtu-Senin (2-4/7/2016) tapi pelayanan dilakukan terbatas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Cabang PT Taspen Solo, Tawab, mengatakan berdasarkan peraturan pemerintah No 19/2016 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Bulan Ke-13 kepada PNS, Prajurit TTNI, Anggota Kepolisian, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan dimulai pada Sabtu (2/7/2016). Namun untuk memberikan pelayanan ke pensiunan, PT Taspen bekerja sama dengan mitra bayar membuat posko loket bayar. Hal ini mengingat hari pertama penyerahan pensiun ke-13 jatuh pada Sabtu dan Senin (4/7/2016) merupakan cuti bersama.

“Sebanyak 14 mitra bayar Taspen telah sanggup membuka posko pembayaran pensiun ke-13 supaya masyarakat tetap terlayani mengingat saat penyaluran pensiun ke-13 ini merupakan libur panjang,” jelasnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (30/6/2016).

Selain itu, posko tersebut dihadirkan supaya tidak ada penumpukan pengambilan pensiun sehingga masyarakat tetap bisa dilayani dengan nyaman saat mengambil pensiun ke-13. Tawab menyampaikan ada beberapa mitra bayar yang mengaku sanggup menyalurkan dana pensiun ke-13 bertepatan dengan pemberian pensiun reguler, yakni pada Jumat (1/7).

Dia menjelaskan pensiun atau tunjangan bulanan ke-13 yang diberkan adalah jumlah penerimaan pensiun tanpa tunjangan beras dan tanpa dikenakan potongan kecuali potongan pajak penghasilan. Tunjangan ke-13 ini juga tidak diperkenankan dipotong dengan angsuran kredit atau pinjaman. Bagi PNS, pejabat negara, dan penerima pensiun yang lebih dari satu tunjangan hanya diberikan salah satu yang jumlahnya lebih menguntungkan.

Oleh karena itu, diakuinya ada perbedaan penerima tunjangan reguler dan tunjangan ke-13. Dia menyebutkan tunjangan ke-13 diberikan kepada 94.672 orang di Soloraya dengan nilai Rp208 miliar. Sedangkan tunjangan reguler diberikan kepada 95.557 orang dengan nilai Rp225,7 miliar.

Menurut dia, berdasarkan aturan pemerintah, yang menerima tunjangan ke-14 hanya diberikan kepada PNS, TNI, dan anggota kepolisian yang aktif. Lebih lanjut, dia mengungkapkan mulai Jumat (1/7/2016), pembayaran tunjangan di kantor pos yang biasanya mulai dilayani setiap tanggal 4 bisa dilayani di awal bulan.

Sementara itu, Kepala Cabang Kantor Pos Besar Solo, Fuad Khamali, mengatakan selama Ramadan, jam pelayanan diperpanjang hingga pukul 22.00 WIB. Menjelang Lebaran, Kantor Pos juga akan membuka layanan terbatas untuk pengiriman pada Senin mengingat libur Lebaran kali ini cukup panjang. Selain itu, pada Sabtu (9/7/2016) juga akan kembali dibuka layanan terbatas dan beroperasi penuh pada Senin (11/7/2016).

Perbankan dijadwalkan juga akan ada layanan terbatas. Pemimpin Cabang Bank Jateng Solo, Suharto, mengatakan Senin akan ada layanan terbatas sedangkan pada Selasa-Jumat merupakan cuti bersama dan hari libur. “Sabtu [9/7/2016] kantor tetap buka sesuai dengan ketentuan buka di akhir pekan,” kata dia.

Suharto menjelaskan jadwal layanan terbatas tetap seperti jam layanan biasanya tapi hanya jumlah karyawan yang berkurang karena tidak semua bagian masuk pada hari tersebut. Bank Indonesia (BI) juga menerapkan kebijakan kegiatan operasional terbatas pada Senin untuk layanan real time gross settlement (RRTGS), scripless securities settlement system (SSSS), dan kliring. Namun untuk layanan kas tetap beroperasi penuh untuk memenuhi kebutuhan penarikan dan setoran uang karta dari perbankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya