SOLOPOS.COM - Terminal Sepi (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Seluruh angkutan umum tersebut beroperasional di seluruh wilayah Bantul sesuai dengan jalur trayeknya.

Harianjogja.com, BANTUL– Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan sebanyak 200 angkutan umum untuk mengangkut pemudik atau warga yang pulang kampung halaman pada Lebaran 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jumlah armada di Bantul yang siap untuk mengangkut pemudik itu terdiri atas angkutan kota dalam provinsi (AKDP) berjumlah 105 armada, angkutan perbatasan 88 armada, dan angkutan perdesaan berjumlah 17 armada,” kata Kepala Bidang Angkutan Dishub Bantul, Bambang Triyanto, Kamis (16/6/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, seluruh angkutan umum tersebut beroperasional di seluruh wilayah Bantul sesuai dengan jalur trayeknya. Misalnya, jalur Jogja-Paris (Yogyakarta-Parangtritis), Jogja-Srandakan, Jogja-Samas dan sebagainya.

“Rata-rata titik simpulnya di Terminal Giwangan Yogyakarta. Setelah beroperasi, ada yang ke Parangtritis, Imogiri, dan Dlingo. Kalau ke barat, ke Srandakan, sedangkan ke timur menuju Piyungan,” katanya seperti dikutip Antara.

Meski sudah ada jalur trayek masing-masing, pihaknya mengakui antara angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP) dengan perbatasan jalurnya tumpang-tindih karena tidak ada ketegasan dalam rute yang dilalui masing-masing armada.

“Kaitannya dengan Lebaran sering kali jalurnya tumpang-tindih karena tidak ada ketegasan sehingga harus ada koordinasi antarpengusaha angkutan,” kata Bambang.

Meski demikian, kata dia, angkutan umum yang siap mengakut pemudik Lebaran itu. Diprediksi tidak dapat beroperasional seharian penuh karena penumpang terbatas, apalagi saat ini banyak pertumbuhan kepemilikan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya