SOLOPOS.COM - Ilustrasi Sendratari Ramayana (JIBI/Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)

Lebaran 2015 di Solo bakal dimeriahkan Sendratari Ramayana yang juga melibatkan Wali Kota Solo sebagai pemeran.

Solopos.com, SOLO — Menyambut libur Lebaran 2015, Kota Solo punya banyak acara. Salah satunya adalah pergelaran Sendratari Ramayana di halaman Benteng Vastenburg, Solo, Minggu-Selasa (19-21/7/2015). Wali Kota F.X. Hadi Rudiyatmo dan seniman multitalenta Endah Laras turut berperan memeriahkan sendratari yang dikemas dalam paket acara Bakdan Ning Solo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bening Art Management didaulat sebagai pelaksana pertunjukan Bakdan Ning Solo yang rencananya digelar mulai hari kedua Lebaran 2015 itu di halaman Benteng Vastenburg. Bening Art Management yang berkantor di Melikan, RT 001/RW 008 Kelurahan Palur, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo itu berperan sebagai fasilitator bagi para seniman yang ingin berpentas dalam kegiatan tersebut.

Fawarti Utami selaku pimpinan Bening Art Management menjamin Bakdan Ning Solo dengan pergelaran Sendratari Ramayana itu sarat dengan inovasi baru. Pergelaran yang biasanya dipentaskan di panggung akbar Candi Prambanan itu, oleh Fafa—sapaan akrab Fawarti Utami—akan dikemas berbeda dengan pementasan sendratari yang biasanya orang lihat di tempat lain.

Rudy dan Endah
Bukan hanya inovatif, sendratari itu akan melibatkan Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudiyatmo sebagai salah seorang pemeran dalam pergelaran epos Ramayana itu. Ada pula penyanyi keroncong Endah Laras Murwani dalam pergelaran tiga hari tersebut. Namun, bukannya menyanyi, Endah dalam pergelaran itu akan tampil sebagai narator yang membawakan alur cerita dengan alunan musik di bawah pimpinan Dedek Wahyudi.

Antonius Wahyudi Sutrisna yang akrab dikenal sebagai Dedek Wahyudi itu adalah penata musik kelahiran Klaten. Dedek yang terkenal dengan penataan musiknya dalam drama, wayang, dan tari-tarian juga akan memberikan inovasi yang belum pernah didengar orang dalam pementasan. Pergelaran ini rencananya diiringi 30 musisi yang juga berkomitmen menyajikan inovasi baru.

70 Penari Terbaik
Saat ditemui Solopos.com di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Fafa mengungkapkan bahwa, dia sengaja mengolaborasikan seniman-seniman terbaik Soloraya untuk memberikan kejutan dalam pertunjukan itu. Pergelaran Sendratari Ramayana menampilkan 70 penari terbaik Solo. Mereka, sejak Kamis (25/6/2015) sampai Sabtu (11/7/2015), melakukan latihan tiap sore pukul 15.30 WIB demi bisa memuaskan penonton.

Bakdan Ning Solo dengan pergelaran Sendratari Ramayana itu diharapkan bisa dijadikan tujuan pemudik dalam mengisi libur Lebaran 2015. Selain Sendratari Ramayana yang akan digelar di halaman Benteng Vastenburg itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo juga berencana menggelar pementasan kesenian tradisional di Taman Balekambang dan Taman Satwa Taru Jurug, Sabtu-Minggu (18-26/7/2015). (Syaiful Amri/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya