SOLOPOS.COM - Ilustrasi tol (JIBI/Solopos TV)

Lebaran 2015, persiapan mudik segera dilakukan.

Kanalsemarang.com, SEMARANG — Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) telah dibuka. Diprediksi kepadatan kendaraan terutama roda empat terjadi di Brebes, Jawa Tengah (Jateng). Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pun berkoordinasi dengan kepolisian dan pemda untuk mengantisipasinya.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

“Sudah, kemarin Dishub, pemkab, pemkot, kepolisian sudah diajak bicara bagaimana nanti pas pintu keluar,” kata Ganjar di Semarang, Sabtu (20/6/2015) sebagaimana dikutip Detik.

Ia menambahkan, kepadatan akan diusahakan diurai melalui jalur-jalur alternatif yang akan dibuka saat arus mudik tiba. Diharapkan kepadatan akan berkurang dan juga tidak terjadi kecelakaan.

“Nanti akan kita urai dengan titik dimana jalur alternatif bisa dilalui, itu antisipasi, diharapkan untuk mengurangi kecelakaan,” tandas politisi PDIP itu.

Selain itu, Ganjar menghimbau agar pemudik hati-hati, sedangkan untuk pemudik yang berencana menggunakan motor, lebih baik memanfaatkan angkutan seperti bus dan kereta. Selain itu pihak Pemprov dan Pemerintah Kabupaten dan Kota juga akan menyiapkan angkutan bus.

“Kita pesan ke calon pemudik nantinya agar hati-hati betul, kita harapkan semaksimal mungkin agar tidak naik motor, nanti motor diangkut aja. Pemprov dan Pemkab juga sediakan bus dan kereta. Jumlah (bus) belum tahu baru nanti akhir  bulan ini,” pungkas Ganjar.

Sebelumnya Kakorlantas, Irjen Pol Condro Kirono mengatakan prediksi kemacetan yang semula berada di Jomin akan terjadi di Pejagan setelah dibukanya tol Cipali. Hal itu diperparah karena di persimpangan Pejagan ada rel kereta api.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya