SOLOPOS.COM - Pemilik Kucing Mania Solo (KMS), Rio Rosha Putra, mengecek kondisi salah satu kucing milik pelanggan di jasa penitipan yang ada di Jl. Kebangkitan Nasional No.86, Penumping, Laweyan, Senin (20/7/2015). (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Lebaran 2015 membawa berkah bagi jasa penitipan hewan yang penuh.

Solopos.com, SOLO — Jasa penitipan hewan peliharaan di Solo kebanjiran order saat libur panjang Lebaran 2015. Banyak warga yang menitipkan hewan kesayangan mereka saat ditinggal mudik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemilik Kucing Mania Solo (KMS), Rio Rosha Putra, mengaku sudah tidak melayani penitipan kucing beberapa hari sebelum Lebaran. Sebab, 50 kandang yang dimilikinya telah terisi penuh oleh kucing pelanggannya.

Pelanggan berasal dari beberapa wilayah, seperti Solo, Sukoharjo, Sragen, Klaten, hingga Wonogiri.

“Rata-rata pelanggan menitipkan kucing selama tujuh hari sampai libur Lebaran selesai. Jadi mereka menitipkan hewan kesayangan supaya bisa mudik ke luar kota,” paparnya saat ditemui di lokasi, Senin (20/7/2015).

Menurut Rio, ada berbagai jenis kucing yang dititipkan, di antaranya persia, eksotik, himalaya, dan kucing lokal. Tarif penitipanyang biasanya Rp30.000/hewan/hari, saat Lebaran naik dua kali lipat menjadi Rp60.000/hewan/hari.

“Tarifnya juga naik karena saya harus membayar karyawan untuk lembur saat Lebaran,” urainya. Menurutnya, biaya tersebut sudah termasuk biaya makan, minum dan perawatan kucing.

Selama Lebaran, dia juga menambah dua orang menjadi empat karyawan. Hal itu dilakukan karena hewan peliharaan meningkat sangat banyak ketimbang hari biasa.

“Dokter hewan juga kami siapkan karena banyak kucing semakin rentan tertular penyakit. Jadi memang harus benar-benar bersih, bahkan air minum harus diganti tiga kali sehari,” katanya.

Peningkatan serupa juga terjadi di penitipan hewan Kawatan Solo. Hewan yang ditipkan didominasi kucing dan anjing. Salah satu petugas mengatakan warga mulai menitipkan hewan saat Lebaran dan akan diambil kembali pada Rabu (22/7/2015).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya