SOLOPOS.COM - lustrasi takbir keliling (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Lebaran 2015 di Temanggung diharapkan tanpa konvoi takbir keliling.

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG — Kepolisian Resor Temanggung, Jawa Tengah berencana melokalisasi konvoi takbir keliling menggunakan kendaraan guna mengantisipasi penumpukan arus lalu lintas di sekitar kawasan alun-alun setempat pada malam Lebaran 2015.
“Kami mengimbau masyarakat agar saat malam takbir tidak melakukan konvoi. Kalau ada konvoi akan kami lokalisir. Kami lakukan antisipasi dengan razia kendaraan,” kata Kapolres Temanggung AKBP Wahyu Wim Hardjanto di Temanggung, Rabu (15/7/2015).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia menuturkan lokasisasi kendaraan difokuskan pada tingkat kecamatan sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan atau kemacetan yang terpusat di alun-alun. “Selain untuk menciptakan kenyamanan juga menekan kecelakaan lalu lintas serta hal lain seperti kemungkinan terjadinya tawuran,” katanya.

Ia mengatakan melakukan takbir dengan konvoi keliling kota menggunakan sepeda motor dan mobil bak terbuka sangat membahayakan jiwa yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain jika terjadi hal-hal tidak diinginkan.

Pelayanan dan Pencegahan
Menjelang malam takbir, katanya, akan dilakukan apel dari tim gabungan TNI dan Polri dibantu pihak-pihak terkait. Petugas akan melakukan pengamanan baik lalu lintas maupun pemantauan titik rawan kejahatan, serta meningkatkan patroli.

“Kegiatan ini dalam rangka Operasi Ketupat Candi yang sifatnya tidak represif tetapi lebih menekankan pada pelayanan dan pencegahan,” katanya.

Ia mengatakan berdasarkan pengalaman ada kendaraan untuk konvoi seperti sepeda motor berboncengan melebihi ketentuan, mobil bak terbuka digunakan untuk mengangkut manusia. Jika ditemukan hal demikian, maka akan dilakukan tindakan tegas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya