SOLOPOS.COM - Pedagang menggelar dagangan di pasar darurat Klewer. (JIBI/Solopos/dok)

Lebaran 2015 bikin Pasar Klewer timur dan lokasi penampungan pedagang korban kebakaran Pasar Klewer Solo sepi pembeli.

Solopos.com, SOLO — Sejumlah pedagang yang berjualan di Pasar Klewer sisi timur, maupun pedagang korban kebakaran Pasar Klewer barat yang kini berjualan di Pagelaran Keraton Solo, dan pasar darurat di Alun-Alun Keraton Solo menduga perdagangan bakal lesu pada liburan Lebaran 2015. Mereka pun memilih menutup tempat usaha, Jumat-Minggu (17-19/7/2015).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meski demikian, ada juga pedagang di pasar darurat yang akan buka pada Jumat (17/7/2015) atau Sabtu (18/7/2015). Dengan catatan, pedagang lain juga banyak yang buka. Mereka ingin memanfaatkan pemudik maupun orang-orang yang berlibur setelah merayakan Lebaran.

Pantauan Solopos.com, Kamis (16/7/2015), rata-rata pedagang di Pasar Klewer sebelah timur, di Pagelaran Keraton Solo, dan pasar darurat di Alun-Alun Utara Solo tidak berjualan. Namun, sebagian pedagang masih berjualan hingga setengah hari.

Tak Ramai
Seperti disampaikan pegawai Konfeksi Batik Agung di los D12 Pasar Klewer timur, Inayu Mandasari, pembeli tidak seramai tahun lalu pada momen yang sama, yakni H-1 Lebaran. Oleh karena itu, sejumlah pedagang pilih tidak berjualan atau hanya membuka lapak setengah hari.

“Ya Allah mbak, tahun lalu saat H-1 itu ramai banget. Sekarang sepi. Mungkin orang-orang mengira kami tutup setelah Pasar Klewer sebalah barat itu terbakar,” kata Inayu saat ditemui Espos di sela-sela melayani pembeli, Kamis (16/7).

Hal senada disampaikan pemilik kios Agung Rejeki di Los C9, Liana. Menurut dia, sejumlah pedagang di Pasar Klewer sebelah timur sepakat tutup sejak Jumat-Minggu. Padahal, tahun lalu hanya tutup pada hari H dan H+1 Lebaran.

“Buka lagi Senin [20/7]. Biasanya hanya tutup dua hari, tetapi Minggu itu pasar agak sepi. Makanya terpaksa diliburkan sekalian. Sekarang saja [Kamis] sepi. Mungkin belum semua tahu kalau kami sudah buka. Tetapi, kami masih melayani pesanan,” ujar dia sembari menawarkan dagangan kepada sejumlah pembeli yang melintas.

Petugas keamanan di Pasar Klewer di Pagelaran Keraton Kasunanan Hadiningrat Surakarta, Rus, menyampaikan pedagang tidak akan berjualan mulai Kamis hingga Minggu. Oleh karena itu, seluruh gerbang di lingkungan Pagelaran Keraton Kasunanan Hadiningrat akan ditutup.

Bimbang
Pemilik Kios Daun Mas Kids and Mukena di Los EE 13 di Pasar Darurat Klewer di Alun-Alun Utara, Endah, menjelaskan sejumlah pedagang akan berjualan kembali, Minggu (19/7/2015). Hal itu sesuai instruksi Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Meski demikian, dia bimbang. Dia memprediksi sejumlah pemudik dan pengunjung dari luar Kota Solo akan berjalan-jalan pada Sabtu (18/7/2015).

“Ya kalau ada pedagang yang buka pada Sabtu, saya ikut buka. Kemungkinan ramai pembeli. Tetapi, bagaimana ya? Gerbang kan ditutup. Sekarang ini, kami masih mulai menata dagangan setelah kebakaran. Penataan kios di pasar darurat ini kurang pas. Satu blok bisa berbeda nomor,” ungkap dia.

Sementara itu, Pejabat Humas Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK), Kusbani, menjelaskan tidak memaksa pedagang berjualan maupun tutup saat libur Lebaran 2015. Namun, dia tidak menampik apabila sejumlah pedagang pilih tutup.

Selain itu, kata dia, HPPK sudah berkoordinasi dengan Satpol PP, Satpam Pasar Klewer, Petugas Linmas, dan pedagang untuk menjaga keamanan selama pedagang tutup. “Saya buka pada hari H, setelah Salat Id. Lagipula saya ingin memanfaatkan pengunjung yang biasanya ramai H+1 Lebaran. Ya, mengejar masa tutup selama lima bulan karena kebakaran itu. Tetapi, memang sejumlah pedagang sudah tutup hari ini [Kamis] karena menyiapkan Lebaran,” ujar dia saat dihubungi Solopos.com, Kamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya