SOLOPOS.COM - Proyek pelebaran jalan jalur pantura Tegal, Sabtu (6/6/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Oky Lukmansyah)

Lebaran 2015 mulai dipersiapkan khususnya seputar menghadapi arus pemudik yang pulang kampung.

Solopos.com, JAKARTA – Lebaran 2015 sebentar lagi tiba. Kepala Korps Lalu Lintas Polri. Irjen Pol. Condro Kirono menyatakan pihaknya akan mengantisipasi titik-titik macet di jalur pantura selama arus mudik Lebaran berlangsung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau titik jalur Pantura masih dimungkinkan titik kemacetan antara lain pasar-pasar yang berada di pinggir jalan,” kata dia seusai Rapat Koordinasi Korlantas Polri di PTIK, Jakarta Selatan, Senin (22/6/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Condro mengatakan pasar-pasar tersebut ada yang menggunakan sebagian jalan atau lokasi pasar berada dekat dengan jalan. Dengan kondisi itu, banyak aktivitas orang menyeberang dan para pedagang di sekitar jalan itu.

“Di situlah petugas pengamanan Polri memagar. Dipagar supaya tidak banyak yang menyebrang-nyebrang, supaya jalan tidak dipakai berjualan, bekerja sama dengan Pemerintah daerah,” kata dia.

Selanjutnya, kepolisian juga akan menjaga ketat tempat-tempat yang dijadikan tempat peristirahatan para pemudik.

“SPBU di pnggir jalan, karena banyak orang mengisi BBM sekaligus mau istirahat. Kemudian juga restoran, simpang-simpang dijaga ketat dengan pagar betis,” kata dia.

Sementara terkait jalur alternatif Pantura, Condro mengatakan sepeda motor dari Jakarta, Tangerang, dan sekitarnya nanti tetap akan melintasi jalur arteri Pantura. Ketika sampai di Karawang, akan dibelokkan ke kiri tidak masuk kota Karawang.

“Nanti keluar di Ciasem, jadi minimal sepeda motor itu terjadi mix traffic bercampur dengan kendaraan lain,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya