LEBARAN 2015 : Perbaikan Jalur Selatan Jateng Dikebut

LEBARAN 2015 : Perbaikan Jalur Selatan Jateng Dikebut

SOLOPOS.COM - Ilustrasi perbaikan jalan (Dok/Solopos)

Perbaikian infrastruktur di jalur selatan Jawa Tengah dipercepat menjelang bulan Puasa.

Solopos.com, BANYUMAS-Perbaikan sejumlah ruas jalan di jalur selatan Jawa Tengah (Jateng) yang melintasi Kabupaten Cilacap dan Banyumas dikebut menjelang Ramadan agar nyaman dan aman dilalui pemudik pada masa mudik Lebaran 2015.

Dari pantauan di Banyumas, Kamis (28/5/2015), perbaikan tidak hanya dilakukan terhadap ruas jalan nasional tetapi juga jalan provinsi yang merupakan bagian dari jalur selatan Jateng.

Selain berupa penambalan pada ruas jalan nasional yang berlubang, perbaikan juga dilakukan dengan peningkatan jalan provinsi menggunakan beton, salah satunya di ruas Menganti (Banyumas) hingga Kesugihan (Cilacap) yang melanjutkan pekerjaan tahun sebelumnya.

Salah seorang pekerja, Agus mengatakan bahwa proyek perkerasan jalan dengan beton di ruas Menganti-Kesugihan telah berjalan selama tiga bulan.

"Saat ini tinggal penyelesaian saja karena masih satu petak yang belum dibeton, sedangkan bahu jalan tinggal ditimbun material," katanya.

Peningkatan jalan dengan perkerasan beton juga dilakukan di ruas Kroya-Adipala sepanjang 4 kilometer dan saat ini telah mencapai 60 persen.

Di ruas jalan tersebut juga dilakukan penggantian lantai jembatan Kali Medang.

Sementara di ruas jalan nasional pada jalur selatan Jateng juga dilakukan pelebaran jalan sepanjang 5 kilometer yang terbagi dua, yakni 2 kilometer di ruas batas Jawa Barat-Karangpucung (Cilacap) dan 3 kilometer di ruas Lumbir-Wangon (Banyumas).

Dalam kesempatan terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pelaksana Jalan Nasional (PJN) I Wangon-Purworejo Joko Satrio mengatakan bahwa pihaknya menargetkan perbaikan jalur selatan selesai pada H-15 Lebaran.

"Nantinya, seluruh ruas jalan di jalur selatan Jateng bebas dari lubang meskipun tidak nyaman sekali, ruas jalan itu pasti akan aman dilalui pemudik," katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan terus memantau kondisi jalan di jalur selatan Jateng.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balikĀ  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).

Overload! Perahu Wisata yang Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Maksimal Angkut 12 Penumpang

Perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021) kelebihan muatan karena maksimal mengangkut 12 penumpang.