SOLOPOS.COM - Ilustrasi penumpang kereta api (JIBI/Solopos/Dok.)

Lebaran 2015 diprediksi mendongkrak penumpang kereta api dari Daops VII PT KAI hingga 5%.

Solopos.com, MADIUN — Volume penumpang yang menggunakan jasa kereta api di wilayah PT KAI Daerah Operasional (Daops) VII Madiun, Jawa Timur pada masa angkutan Lebaran 2015 diprediksi meningkat 5% dibandingkan pada musim sama tahun 2014 lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Manajer Humas PT KAI Daops VII Madiun, Eko Budiyanto, Senin (25/5/2015), menjelaskan volume penumpang selama masa angkutan Lebaran tahun 2014 yang berlangsung selama 24 hari mencapai 223.286 orang.

“Diperkirakan akan ada peningkatan jumlah penumpang yang menggunakan jasa kereta api selama masa angkutan Lebaran nanti. Untuk wilayah Daop Madiun, dimungkinkan sekitar 5% dari tahun lalu yang mencapai 223.286 penumpang,” ujarnya.

Menurut dia, peningkatan tersebut searah dengan prediksi peningkatan volume penumpang secara nasional yang menggunakan jasa kereta api pada masa angkutan Lebaran 2015. PT KAI memperkirakan kenaikan volume penumpang itu mencapai 11% pada tahun ini.

“Kenaikan total secara nasional sebanyak 11% tersebut disebabkan karena peningkatan kapasitas dan sarana yang disediakan oleh PT KAI selama masa Lebaran. Seperti adanya kereta tambahan untuk Lebaran,” kata Eko.

Hal lain yang memengaruhi peningkatan adalah keinginan masyarakat untuk terbebas dari kemacetan lalu lintas selama perjalanan mudik ataupun balik pada Lebaran 2015 nanti.

Terjual 70%
Sementara, Manajer Komersial PT KAI Daop 7 Madiun, Dedi, mengatakan, tiket kereta api untuk Lebaran 2015 secara keseluruhan telah terjual hingga 70%. “Jumlah penjualan hingga 70 persen itu belum termasuk dengan tiket kereta tambahan lebaran. Jika digabung dengan tiket kereta tambahan yang baru dibuka 11 Mei 2015, maka penjualan tiket Lebaran secara nasional mencapai 60 persen,” kata Dedi.

Pihaknya yakin, penjualan tiket akan habis seiring memasuki bulan Ramadan dan masa angkutan Lebaran mendatang. Hal itu juga didukung dengan pelayanan pembelian tiket pada H-90 sebelum keberangkatan kereta.

Ia menambahkan, selama masa angkutan Lebaran 2015, PT KAI akan menyiapkan sebanyak 15 kereta api tambahan dengan total kapasitas tempat duduk mencapai 18.760 kursi. “Dari 15 kereta tambahan Lebaran itu, lima kereta di antaranya melewati wilayah Daops VII Madiun. Kelima kereta itu adalah, KA Mantap Lebaran, Pasundan Lebaran, KA Matarmaja Lebaran, KA Gajayana Lebaran, dan KA Sancaka Lebaran,” katanya.

 

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya