SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang rupiah (Dok/JIBI/Solopos)

Lebaran 2015 di Klaten diwarnai dengan peningkatan paket dan transaksi online di Kantor Pos.

Solopos.com, KLATEN – Pengiriman paket serta uang di Kantor Pos Klaten meningkat selama beberapa waktu terakhir atau menjelang Lebaran. Peningkatan itu terjadi sejak sepekan lalu.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pengiriman paket barang meningkat sekitar 30% dibanding masa normal. Jika biasanya pengiriman paket barang sekitar 100 kantong/hari, menjelang Lebaran ini pengiriman barang mencapai 130an kantong/hari. Kebanyakan paket yang dikirim berupa pakaian.

Ekspedisi Mudik 2024

“Memang kami catat ada peningkatan sejak Senin (6/7/2015). Peningkatan itu sekitar 30% dibanding masa normal. Per hari itu biasanya 100 paket, menjelang hari raya kiriman meningkat menjadi 130-200 paket,” jelas Kepala Kantor Pos Klaten, Sugandi, Minggu (12/7/2015).

Diperkirakan, jumlah pengiriman paket semakin bertambah mendekati hari raya. “Pengalaman tahun lalu, peningkatan signifikan terjadi pada H-3 Lebaran,” katanya.

Pengiriman paket tak hanya didominasi pengiriman barang antarkeluarga. Beberapa tahun terakhir, pengiriman paket dari hasil transaksi jual-beli online juga mengalami peningkatan menjelang Lebaran.

Kondisi itu dimungkinkan terjadi lantaran mendekati Lebaran tingkat konsumsi masyarakat meningkat. “Memang tidak hanya pengiriman antarkeluarga. Dari seluruh pengiriman barang yang dilakukan melalui Kantor Pos Klaten menjelang Lebaran ini, sekitar 40% merupakan pengiriman dari jual-beli online,” katanya.

Sementara itu, terkait pengiriman uang dari dalam serta luar negeri melalui Kantor Pos Klaten, Sugandi menjelaskan mengalami peningkatan sekitar 20% dibanding masa normal. Pengiriman itu masih didominasi pengiriman uang dari dalam negeri.

“Memang ada pengiriman uang dari luar negeri. Tetapi, jumlahnya tidak signifikan dibanding pengirim dari dalam negeri. Kalau pengiriman uang dari luar negeri asalnya dari kantong-kantong TKI seperti Korea Selatan, Hongkong, Arab Saudi, dan Jepang,” katanya.

Pada bagian lain, selama cuti Lebaran, Kantor Pos Klaten serta tujuh kantor pos cabang dipastikan tetap buka. Sugandi mengatakan petugas piket sudah dipersiapkan guna memberikan pelayanan kepada warga selama Lebaran.

“Kami tetap buka selama cuti yakni pada 16 Juli dan 20-21 Juli. Itu juga berlaku untuk seluruh kantor pos cabang di Kecamatan Prambanan, Jatinom, Delanggu, Pedan, Cawas, Wedi, dan Bayat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya