SOLOPOS.COM - Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten dan aparat Polsek Kota Klaten mengecek kondisi fisik bus di Terminal Klaten, Jumat (10/7/2015). Dalam pemeriksaan itu, petugas tidak menemukan bus yang tidak layak jalan. (Pnco Suseno/JIBI/Solopos)

Lebaran 2015 membawa berkah kepada para pencuci bus di Terminal Klaten yang ramai pelanggan.

Solopos.com, KLATEN –Sejumlah pencuci bus di Terminal Klaten mengaku mampu meraup hasil berlipat menjelang Lebaran 2015. Sejak H-5 Lebaran, mereka memperoleh order mencuci bus minimal lima bus/hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Paguyuban Pencuci Bus di Terminal Klaten, Daryanto, mengatakan jumlah pencuci bus yang biasa mangkal di terminal mencapai lima orang. Masing-masing pencuci bus itu, yakni Daryanto, Yanto, Ambyah, Fauzi, Sikus, Triyono.

“Memang ada peningkatan pendapatan dibandingkan di luar Ramadan dan di luar Lebaran. Saat ini, rata-rata memperoleh order lima bus per hari [sekali mencuci bus memperoleh fee berkisar Rp30.000-Rp50.000]. Di luar Ramadan dan Lebaran, biasanya hanya dua bus,” katanya saat ditemui , akhir pekan lalu.

Hal senada dijelaskan pencuci bus lainnya, Yanto.

Biasanya dirinya harus menyiapkan energi ekstra sejak H-5 Lebaran. Beberapa bus yang sudah menjadi langganannya, seperti bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan antarkota dalam provinsi (AKDP).

“Yang penting menjaga kondisi fisik agar selalu fit. Di saat seperti ini menjadi kesempatan bagi saya dan teman-teman untuk meraup rezeki. Hasil dari mencuci bus ini saya gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” katanya.

Terpisah, Kepala Terminal Klaten, Marjono, mengatakan jumlah bus yang keluar-masuk di terminal setiap hari mencapai di atas 100-an unit bus. Jumlah itu didominasi bus AKDP.

“Di hari biasa, bus-bus yang banyak masuk ke sini adalah bus jurusan Jogja-Surabaya dan bus Solo-Jogja. Harapannya, saat Lebaran juga ada bus-bus lain yang masuk ke terminal,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya