SOLOPOS.COM - Para pemudik yang menumpang Kereta Bengawan tiba di Stasiun Klaten, Senin (13/7/2015) malam.(Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Lebaran 2015 di Klaten mulai dipadati pemudik.

Solopos.com, KLATEN Jumlah penumpang yang turun di Stasiun Klaten terus menjelang Lebaran semakin meningkat. Kondisi serupa juga terjadi di Terminal Buntalan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala Urusan (Kaur) Administrasi Stasiun Klaten, Sunarto, mengatakan sejak H-7 lalu jumlah kedatangan penumpang terus mengalami peningkatan. Kondisi itu seperti yang terjadi pada kedatangan penumpang Minggu (12/7/2015) dan Senin (13/7/2015).

“Dari catatan kami pada seluruh perjalanan kereta baik itu eksekutif, bisnis, ekonomi, maupun lokal terjadi peningkatan. Pada Minggu (12/7/2015) penumpang yang turun di Klaten yakni 1.049 orang dan Senin sebanyak 1.079 orang,” jelasnya saat ditemui di Stasiun Klaten, Senin malam.

Ia memperkirakan jumlah penumpang yang datang ke Stasiun Klaten bakal bertambah mendekati hari raya terutama pada H-3 hingga H-2 Lebaran. Hal itu berkaitan dengan pelaksanaan cuti bersama. “Untuk kereta yang biasanya digunakan mudik bagi penumpang tujuan Klaten yakni kereta ekonomi Bengawan dan Joko Tingkir,” ungkapnya.

Salah satu penumpang Kereta Bengawan, Sri Suparmi, mengatakan sebelum mudik ke kampung halamannya dari Jakarta ke Jimbung, Kalikotes, ia sudah memesan tiket kereta jauh-jauh hari sebelumnya. Hal itu ia lakukan untuk mengantisipasi kehabisan tiket.

“Saya beli tiket pergi pulang itu sejak 90 hari sebelumnya dengan harga Rp80.000. dari pada nanti tidak dapat tiket, lebih baik sudah pesan jauh hari sebelumnya,” katanya.

Sementara itu, jumlah bus yang datang di Terminal Buntalan juga terus mengalami peningkatan. Dalam beberapa hari terakhir, peningkatan itu berkisar sekitar 13%.

Kabid Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Joko Suwanto, mengatakan peningkatan jumlah penumpang atau bus yang tiba tak terlalu signifikan saat arus mudik. Hal ini lantaran banyak penumpang yang memilih tak turun di Terminal Buntalan.

“Kami tidak bisa memprediksikan kapan puncak arus mudiknya. Karena tidak selalu pemudik itu turun di Terminal Buntalan. Mereka lebih memilih turun di lokasi dekat dengan daerah mudik. Kalau peningkatan di terminal itu justru terjadi saat arus balik,” katanya.

Terkait jumlah kendaraan yang melintas, Joko mengatakan terus mengalami peningkatan. Dari data yang dihimpun pada Senin (13/7/2015) sebanyak 61.324 unit masuk ke Klaten. Pada Selasa (14/7/2015), jumlah kendaraan yang masuk ke Klaten sebanyak 63.136 unit atau meningkat dibanding hari sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya