LEBARAN 2015 : Pemprov Jateng Gelar Pasar Murah Ada 14.500 Paket Sembako
Ilustrasi paket sembako (JIBI/Solopos/Dok)

Lebaran 2015, Pemprov Jateng menggelar pasar murah.

Solopos.com, SEMARANG -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah akan menggelar pasar murah menjelang Lebaran 2015 dengan menjual sekitar 14.500 paket sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako) di sejumlah daerah.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Djoko Sutrisno mengatakan kegiatan pasar murah tersebut untuk membantu masyarakat kurang mampu menghadapi Lebaran. “Menjelang Lebaran biasanya harga-harga kebutuhan pokok naik sehingga pasar murah ini dapat membantu masyarakat kurang mampu,” katanya kepada wartawan di Semarang, Minggu (28/6/2015).

Kegiatan pasar murah, lanjut Djoko dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta Badan Ketahanan Pangan secara terpisah di sejumlah daerah.

Masyarakat nantinya dapat membeli paket sembako antara lain berisi beras, minyak goreng, gula pasir, mi instan, dan kecap dengan harga sangat murah. “Ada sekitar 14.500 paket sembako yang dijual pada pasar murah di beberapa daerah,” ungkap Djoko.

12 Lokasi
Berdasarkan data yang ada, Disperindag Jateng akan menggelar pasar murah di 12 lokasi yakni di kantor badan koordinator wilayah (Bakorwil) I, II, dan III serta sembilan lokasi di Kota Semarang. Disperindag akan menjual sekitar 8.000 paket sembako yang terdiri dari .

beras 2,5 kg, minyak goreng satu liter, gula pasir satu kilogram, lima buah mi instan, dan kecap 200 mililiter dengan harga Rp30.000 per paket, dari harga semestinya Rp63.000.

Dinas Koperasi dan UMKM akan menggelar pasar murah di Gedung Gradhika Bhakti Praja kompleks Kantor Gubernur Jateng Jl. Pahlawan Kota Semarang. Disediakan sekitar 1.500 paket sembako yang berisi antara lain beras 2,5 kg, minyak goreng satu liter, gula pasir dua kilogram dengan harga Rp20.000 per paket dari harga normal Rp60.000.

Pihak swasta direncanakan juga akan berpartisipasi pada kegiatan pasar murah yang digelar Dinas Koperasi dan UMKM dengan menyediakan sekitar 500 paket sembako murah.

Sedangkan Badan Ketahanan Pangan Jateng akan melaksanakan pasar murah di kompleks Tarubudaya Ungaran, Kabupaten Semarang dan Solo, dengan menjual sekitar 4.500 paket dengan harga Rp50.000 per paket.

”Kepada masing-masing pemerintah kabupaten/kota kami harapkan juga melaksanakan pasar murah di setiap kecamatan,” harap Djoko.

DPRD Dukung
Sementara itu, anggota Komisi B DPRD Jateng Hartinah menyatakan mendukung langkah Pemprov Jateng menggelar pasar murah sembako di beberapa daerah menjelang Lebaran.

Di samping pasar murah, politisi dari PPP ini juga meminta Gubernur turun tangan melakukan stabilisasi harga kebutuhan pokok masyarakat menjelang Lebaran supaya tidak sampai naik terlalu tinggi yang memberatkan masyarakat. ”Kalau harga sembako naik tinggi akan menambah beban warga miskin dalam menghadapi Lebaran,” kata dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom