SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto Ilustrasi Ngabekten

Lebaran 2015 di Kraton Jogja ditandai dengan tradisi ngabekten.

Harianjogja.com, JOGJA-Menandai tahun yang baru, Kraton Jogja menggelar ngabekten. Tradisi ini diikuti bagi seluruh kerabat Kraton, pejabat daerah serta abdi dalem.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ngabekten yang digelar di Bangsal Kencono, Sabtu (18/7/2015) berlangsung selama dua jam. Dari pantauan Harianjogja.com, para abdi dalem bupati dan walikota di DIY keluar dari Gerbang Kemben sekitar pukul 11.00 WIB.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengatakan acara ngabekten berlangsung lancar seperti tahun sebelumnya. Saat ditanya perihal para rayi dalem, Hasto hanya menjawab singkat.

“Saya tidak lihat,” ujarnya.

Walikota Jogja Haryadi Suyuti enggan memberi penjelasan soal rayi dalem Sultan HB X.

“Tanya langsung saja dengan yang berkepentingan,” tuturnya.

Demikian pula dengan Wakil Walikota Jogja Imam Priyono yang memilih untuk berlalu saat wartawan menanyakan seputar kehadiran rayi dalem.

Salah satu menantu Sultan HB X KPH Purbodiningrat mengatakan ngabekten dilakukan selama dua hari. Pada hari pertama diadakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama pukul 09.00 WIB dan dihadiri para pangetan serta abdi dalem walikota dan bupati, sedangkan gelombang kedua pada sore hari yang diikuti para wedana.

“Besok baru diikuti yang putri,” ujarnya.

Ketika ditanya soal rayi dalem, Purbodiningrat memilih untuk tersenyum dan beralih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya