SOLOPOS.COM - Ilustrasi melihat hilal (Kemenag.go.id)

Lebaran 2015 ditentukan setelah Kementerian Agama menggelar sidang Isbat.

Solopos.com, SOLO – Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan 1 Syawal 1436 H pada Kamis, (16/7/2015). Sidang Itsbat akan digelar tertutup di ruang Auditorium HM.Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, Jakarta. Terkait adanya isu Lebaran tak serempak, masyarakat diimbau tak terpengaruh dengan tetap fokus menjalankan ibadah.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Kasubdit Hisab Rukyat, Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, Kementerian Agama, Nur Khazin mengatakan berdasarkan perhitungan posisi hilal pada Kamis (16/7/2015), berada pada ketinggian tiga derajat.

“Itu sudah melebihi batas imkanur ru’yah, atau batas minimal kemungkinan terlihatnya hilal” ujarnya kepada Bimas Islam, Selasa (14/7/2015), sebagaimana dilansir situs Kemenag.go.id.

Nur Khazin mengimbau kepada umat Islam di Indonesia agar tetap menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu perbedaan yang mungkin muncul menjelang pelaksanaan sidang isbat.

“Saya sampaikan agar kita semua menunggu hasil sidang isbat yang akan ditetapkan oleh Menteri Agama. Masyarakat silakan tetap beribadah dengan tenang dan jangan terganggu oleh isu-isu yang meresahkan,” tutur pakar ilmu falak tersebut.

Sidang isbat yang digelar Kemenag tersebut akan dihadiri 150 orang perwakilan Ormas Islam seluruh Indonesia. Ketetapan Menteri Agama akan menunggu laporan dari 120 titik pengamatan hilal di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya