SOLOPOS.COM - Uskup Agung Semarang Mgr. Johanes Pujasumarta (ketiga dari kanan) bertemu dengan beberapa pengelola Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang, Jumat (17/7/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Wisnu Adhi Nugroho)

Lebaran 2015 disambut Uskup Agung Semarang Mgr. Johannes Pujasumarta.

Kanalsemarang.com, SEMARANG — Uskup Agung Semarang Mgr. Johannes Pujasumarta menghadiri salat Id di Masjid Agung Jawa Tengah di Kota Semarang saat Idulfitri 1436 Hijriah, Jumat (17/7/2015). Kunjungan ke Masjid Agung Jawa Tengah saat Lebaran itu dilakukan sebagai pengganti ucapan selamat Lebaran 2015 yang mestinya disampaikan saat open house Gubernur Jateng yang tahun ini ditiadakan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam kunjungan Hari Idulfitri yang baru kali pertama dilakukan pada Lebaran 2015 ini, Uskup Agung didampingi Sekretaris Keuskupan Agung Semarang Romo Ignatius Triatmoko serta Ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Romo Aloysius Budi Purnomo.

“Tujuan kami datang ke Masjid Agung Jawa Tengah untuk mengucapkan selamat Idulfitri secara langsung [kepada umat muslim], semoga hari ini menjadi hari yang berkah bagi siapapun dan apapun sehingga umat beragama bisa membangun kebersamaan serta persaudaraan yang sungguh-sungguh,” kata Uskup Agung.

Uskup Agung menjelaskan bahwa hubungan umat Katolik dengan umat beragama lainnya di Indonesia menjadi salah satu hal yang sangat penting terkait dengan kerukunan sesama manusia. “Hal itu menjadi suatu keniscayaan kalau ingin membangun Indonesia yang damai dan kami sungguh-sungguh ingin mewujudkan rahmatan lil alamin atau menjadi rahmat serta berkat bagi seluruh alam semesta,” ujarnya.

Pengganti Open House
Menurut Uskup, seluruh umat beragama memaknai Idulfitri sebagai maaf dan pengampunan karena dalam hidup setiap manusia tidak bisa lepas dari berbagai kesalahan dan dosa. “Biasanya kami mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri pada saat open house Gubernur Jateng yang dilaksanakan di Wisma Perdamaian, tapi karena tahun ini ditiadakan maka kami ke sini,” katanya.

Setelah menunggu Salat Id selesai, perwakilan dari Keuskupan Agung Semarang itu ditemui oleh Ketua Dewan Pelaksana Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah Noor Achmad, Pelaksana Tugas Sekretaris Jawa Tengah Djoko Sutrisno, serta sejumlah pengurus Masjid Agung Jawa Tengah. Noor Ahmad menyambut baik kehadiran perwakilan dari Keuskupan Agung Semarang ini dan berharap bisa dilakukan tiap tahun dalam rangka menjalin silaturahmi antarumat beragama.

Sementara itu, Katib Salat Id di Masjid Agung Jawa Tengah Ahmad Fadlil Sumadi saat menyampaikan kotbahnya mengajak umat muslim untuk menjadikan Hari Idulfitri sebagai momentum untuk berubah ke arah hidup yang lebih bermakna dan lebih mulia dari waktu sebelumnya. Selain itu, umat muslim juga diharapkan menjadikan Idul Fitri sebagai momentum untuk membangun silaturahmi dengan umat beragama lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya